Review Thailand Series : I told sunset about you (แปลรักฉันด้วยใจเธอ) (2020)

By dkssltk - Sabtu, 06 Maret 2021


      Bisa dibilang agak telat sih ya gue ngereview ini series. Udah tamat dari bulan November tahun kemarin wey. Niatnya pas kemaren seriesnya tamat mo langsung gue bikin review kan tuh ya tapi rasanya kek susah banget gitu? Kek banyak banget yang mau gue bahas sampe-sampe gue bingung enaknya mau mulai dari mana dulu nih? Selain itu gue juga mager sih sebenernya buat ngetik panjang lebar jadi ya gitu deh. Review kali ini bakal nyerempet ke curhat gitu jadi siapin popcorn aja ya keknya bakal panjang banget ini postingan😂 Kalau gitu yuk langsung aja kita bahas!

 OFFICIAL TRAILER 


Native Title: แปลรักฉันด้วยใจเธอ
Also Known As: BKPP The Series, Bplae Rak Chan Duay Jai Ter, Interpret My Love With Your Heart, I told sunset about you
Screenwriter & Director: Boss Naruebet Kuno
Genres: Friendship, Romance, School, Youth, Drama
Country: Thailand
Episodes: 5
Aired: 22 October 2020 — 19 November 2020

 SYNOPSIS

      Di kota Phuket, kota yang cerah dan berangin, terdapat sepasang teman masa kecil yaitu Teh (Billkin) dan Oh-aew (PP). Setelah lama tidak bertemu, mereka disatukan kembali di tempat bimbel bahasa Mandarin untuk mempersiapkan ujian masuk universitas. Namun, karena mereka sama-sama ingin diterima di jurusan Comm Arts yang berada di universitas yang sama, mereka yang dahulu sahabat pun berubah menjadi musuh. Mereka yang dipertemukan kembali mulai belajar lebih banyak tentang satu sama lain. Hal ini menimbulkan perasaan baru yang mereka berdua tak pernah rasakan ketika mereka masih muda. Berceritakan tentang mimpi dan ikatan di antara dua anak laki-laki dalam ujian terbesar kehidupan yang dialami oleh siswa SMA tingkat akhir.

 CAST

Putthipong Assaratanakul (Billkin) as TEH

Krit Amnuaydechkorn (PP) as OH-AEW

Pongpol Panyamit (Khunpol) as BAS

Parada Thitawachira (Smile) as TARN

Jirayus Khaobaimai (Rolex) as KAI

Christiaan Bos as MOD

Theethat Suk-im (Dream) as PHILLIP

Nat Kitcharit as HOON

Pitchanan Jiemsirikarn (Nobel) as TEH

Inthanon Seangsiripaisarn (Pupa) as OH-AEW


 MY COMMENT


     Jadi sebenernya gue udah lama banget nungguin series ini tayang, soalnya gue kenal BKPP dari My Ambulance. Nah di situ walaupun side character doang tapi lucu juga gitu mereka berdua (Dao-Tiwkao). Setelah My Ambulance kelar, Nadao ngeposting poster BKPP Project tuh, yaitu poster yang ada di atas ini. Langsung pada geger lah itu penggemar Dao-Tiwkao, termasuk gue, kek APAAN NIH MISKAH TIBA-TIBA BANGET? Mana posternya kek sedih amat gitu kan ya yaallah bikin nambah beban pikiran gue aja. Bertanya-tanya lah gue, apa iya nasib mereka berdua nanti bakal 11-12 sama nasib mereka di My Ambulance kemarin?

Nah terus Nadao juga ngumumin tuh timeline dari #BKPPProject dan gue kanget banget asli. Gue pikir BKPP Project cuman kek projek bikin series doang kan ya ternyata bener-bener projek gede sampe ada fanmeetingnya juga dong? Memang bener-bener totalitas anjrit gak kaleng-kaleng. Dari situ kita tau kan ya kalo judul seriesnya itu แปลรักฉันด้วยใจเธอ (Bplae rak chan duay jai ter) dan belum ada official title inggrisnya. Nah kalo diartiin judul seriesnya itu berarti 'Interpret My Love With Your Heart (IMLWYH)'. Anjay panjang banget buset. Karena ribet ngetik dan nyebutnya, jadi waktu itu fans indo nyebut series ini dengan sebutan Imelwahyuni😂
 

#BKPPProject Timeline
9 Oct 2020: Press Conf of #แปลรักฉันด้วยใจเธอ “Interpret My Love With Your Heart (unofficial English title)”
22 Oct 2020: Premiere - 1st EP (from 5 EPs), only on LINETV
22 Nov 2020: ...?
30 Jan 2021: BKPP FANMEETING
11 Mar 2021: ...?


Dari timeline itu kita juga jadi tau kalo nanti ini series bakal berjumlah 5 episode. Jujur pas pertama kali tau gue marah sih WKWKWKWKWK. Kek yaallah apa gak kedikitan gitu 5 episode doang? Tapi gak jadi marah pas tau kalo ternyata durasi satu episodenya sekitar 1 jam 30 menitan. Thailand series biasanya cuma sekitar 45 menitan gitu kan ya, sejam pun gak nyampe. Rasanya walaupun 5 episode kita udah kek disuguhin 10 episode aja gitu. Selain itu, dari timeline tadi juga ada 2 tanggal yang masih rahasia tuh. Jadi kalo untuk tanggal 22 November 2020 itu FANTOPIA, sedangkan 11 Maret 2021 itu ITSAY Part 2! Pas tau kalo ITSAY masih ada part duanya gue gak pula kaget soalnya pas timeline ini dirilis, gue pernah liat ada orang yang nebak kalo tanggal 11 bakal diisi buat ITSAY S2 gitu. Anjay cenayang.

 

       Sebelum trailer ITSAY resmi dirilis pada tanggal 8 Oktober 2020, Nadao ngenalin ke kita official soundtrack pertama dari series ini terlebih dahulu. Seperti yang udah kalian tau, ost pertama dari ITSAY berjudul Skyline yang dinyanyikan langsung oleh Billkin. MV dari lagu ini resmi dirilis pada tanggal 30 September 2020. Di youtubenya udah ada translatenya jadi tinggal kita idupin aja tuh CC-nya. Sumpah arti lagunya angst banget anjrit. Hipotesis kalo ini series bakal banyak sedih-sedihnya semakin kuat kan ya kalo soundtrack pertamanya aja udah kek gini. Gimana seriesnya nanti? Terus besoknya, tanggal 1 Oktober udah di upload tuh di itunes dengan judul "Skyline (Ost. I told sunset about you)". Dari situlah baru kita tau official english title dari series ini yang kemudian kita singkat menjadi ITSAY.

Waktu itu belum ada kejelasan, ini nanti bakal ada engsubnya apa enggak sih? Eh tapi akhirnya beneran dikasih engsub dong. Jadi kalo kalian mo nonton secara legal, bisa banget lewat vimeo tapi berbayar ya. Kalo dulu pas masih on going ada yang open sharing sih jadi gak mahal-mahal amat jatohnya. Gue saranin buat kalian yang nonton fansub untuk tetep nonton versi rawnya yang no sub lewat LINE TV ya. Itung-itung buat tetep bisa berkontribusi secara official gitu ngesupport tim produksi. Selain series, Nadao juga ngeupload documentary behind the scenenya di vimeo. Documentary ITSAY totalnya ada 8 episode dan mulai dari episode 5-8 Nadao bermurah hati tuh mereka upload di youtube official mereka beserta engsub. Makanya buat ep 1-4 gak ada di youtubenya. Semuanya bisa kalian akses di LINE TV (pakai VPN Thailand) tapi no sub. 


Ngomongin documentary, dari documentary kita jadi tau kalo ternyata poster pertama project #BKPPtheseries itu berasal waktu mereka pertama workshop. Jadi waktu itu mereka disuruh kek latihan acting gitu kan ya, eh tapi merekanya terlalu kebawa peran sampe-sampe nangis dong. Makanya waktu mereka lagi latihan foto ini diambil dan dijadiin poster pertama untuk projek ini. Oh iya kalo di poster pertama itu tulisannya "July 2020" tapi setelah itu diubah jadi "22 October 2020" yang tentu aja ya gara-gara corona.

P'Boss (director), BKPP, P'Kade P'Goy and P'Ju (screenwriters)

Sutradara ITSAY sama My Ambulance tuh kan sama ya guys, yaitu P'Boss. Jadi sebenernya abis P'Boss kelar projek My Ambulance dia dah berencana buat bikin sekuel untuk cerita Dr. Tao & Tiwkao. Tapi karena cerita mereka dah kelar, akhirnya ia nulis cerita baru buat proyek BKPP ini yaitu I told sunset about you (Rom & Coming-of-age). Ya bisa dipikir ajalah ye ending Dao-Tiwkao kemarin kek mana ya kali mo dilanjutin:(

ITSAY cast with their acting teacher 

       Sebelum mereka memulai syuting, mereka harus melalui workshop, belajar bahasa china, serta segala sesuatu yang harus dipersiapkan sebelum syuting terlebih dahulu agar didapatkan hasil produksi yang terbaik. Workshop yang mereka lalui memakan waktu kurang lebih 2 bulan (3-4 hari per minggu). Sedangkan kelas bahasa china yang Billkin PP ambil memakan waktu 5-6 bulan.

Waktu nonton trailernya pertama kali asli gue terkesima banget demi apapun. Tone warnanya tuh udah kek sekelas film aja gitu gue rasa. Selain itu, hal unik yang bikin gue tertarik nonton series ini salah satunya adalah karena beberapa ceritanya diangkat dari cerita BKPP sendiri. Well, gak sepenuhnya ya, cuman beberapa aja. Sebelumnya gue dah pernah bikin artikel fakta Pond, PP, sama Billkin kan ya? Nah, di situ gue sebutin kalo Billkin sama PP ini kenal gara-gara satu bimbel. Nah di series ini, Billkin dan PP juga dibikin satu bimbel dong woy? Makanya orang-orang pada curiga ini cerita asli apa gimana nih wey, ngaku lo Nadao. Anyway, mereka di real life dan di series waktu pertama kali kenal juga sama-sama gak bagus first impressionnya. Tapi ya BKPP asli tentunya gak nyolot sampe berantem kek mereka di series lah ya😂 Mereka kek sering papasan gitu di bimbel dulu, cuman gak pernah ngobrol. Baru ngorolnya ya pas sama-sama pas masuk Nadao, eh ternyata mereka punya banyak kesamaan terus jadi deket deh.


       Episode perdananya tayang hari Kamis jam 8 malam tanggal 22 Oktober. Kesan pertama gue setelah menonton episode satunya adalah gila panjang banget durasinya. Gue coba ikut streaming dari LINETV pake VPN Thailand dan bener-bener seriesnya tuh lama banget woy, kek gak abis-abis gitu loh? Jadi walaupun series ini cuman 5 episode, kalian gak bakal dibikin kurang karena durasinya panjang banget sih. Sama seperti di trailer, tone warnanya itu warm dan eye pleasing banget ngebuat penonton serasa lagi nonton film. Settingnya yang terletak di Phuket ngebuat penonton dimanjakan dengan  keindahan kota Phuket. Oiya Nadao juga udah ngelist tempat-tempat apa aja yang mereka pakai sebagai lokasi syuting ITSAY. Sebelumnya gue udah pernah bikin postingan tentang itu jadi kalo kalian berencana ngunjungin semua lokasi syuting ITSAY, bisa banget mampir dulu ke postingan gue tentang lokasi syuting ITSAY di sini.



       Dari sinopsis awal kita bisa tau kan ya kalo dulunya Teh sama Oh-aew ini sahabatan tapi jadi musuh. Selain itu nama mereka sendiri ternyata punya arti masing-masing. Teh (茶) memiliki arti 'teh' dalam bahasa China Hokkien. Sedangkan O-eo (薁蕘) adalah dessert berupa es tradisional yang hanya terdapat di kota Phuket. Jadi ibaratnya kek teh yang 'panas' dan o-eo yang 'dingin' dipertemukan menjadi satu.

Karakter Teh ini orangnya jago akademik dan ambis banget gitu, kompetitif lah pokoknya. Tekadnya kuat dalam menggapai keinginannya membuatnya jadi agak egois. Sedangkan Oh-aew ini percaya diri tapi orangnya gak pula jago dalam hal akademik. Kaya meme "tkut tp ttp percaya diri" gitu lah ya kira-kira. Dia juga belum tau gitu mau jadi apa, beda banget sama Teh yang dari kecil udah punya passion buat jadi aktor seperti Yongjian.  
       

       Konflik dimulai dari Oh-aew kecil yang dipilih guru sebagai pemeran Yongjian di pentas sekolahnya. Padahal kita tau sendiri kalo yang ngefans berat sama Yongjian tuh Teh. Oh-aew jadi gak enakan kan ya tapi setelah diyakinin Teh akhirnya Oh-aew menerima tawaran tersebut. Setelah Oh-aew usai dengan pentasnya, ia jadi ngerasa kalo ih asik juga ye acting kek gini. Akhirnya dia bilang tuh ke Teh kalo dia juga mau jadi aktor ah, sama kaya cita-cita Teh gitu. Tehnya salah paham tuh, dia pikir Oh-aew dari awal emang udah ngincer peran itu kan ya, ngekhianatin Teh. Sampe-sampe Teh ngatain Oh-aew "Dahlah, orang kek lo mah bakal langsung nyerah". Gitu dong katanya. Gak terima dong ya Oh-aew dikatain kek gitu. Makanya mereka yang sebelumnya teman akrab berubah menjadi rival sejak saat itu.



Gue salut banget sama team casting yang udah ngecasting Nobel dan Pupa. Nobel yang meranin Teh kecil sedangkan Pupa yang meranin Oh-aew kecil. Mirip Billkin PP banget gitu muka mereka berdua apalagi mukanya Pupa. Biar tambah mirip tentunya mereka udah workshop dulu buat niruin kebiasaan Billkin PP. Kaya misalnya kalo PP ketawa tuh pasti nutup mulut sedangkan kalo Billkin pasti mangap lebar banget kek mo nyedot orang🥲 Waktu itu Nobel pernah diinvite tuh sama Pupa di live IG-nya. Di situ ada Nobel yang niruin Billkin pas lagi nangis. ASLI MIRIP BANGET BENERAN PLEK KETIPLEK ANJRIT. Gue dah pernah ngesub beberapa gitu, bisa dicek di video di bawah ini. (Menit ke 04:05) 

 

       Dari trailer kita dah dikasih tau kalo alurnya itu mereka nanti dari musuh (Dírén 敌人) menjadi teman (Péngyǒu 朋友) lalu menjadi sahabat kembali (Mìyǒu 密友). Nah, pas udah kelas tiga SMA, mereka ketemu lagi di satu bimbel bahasa mandarin yang sama. Teh yang tau kalo bahasa mandarin Oh-aew gak jago langsung ngerasa menang tuh. Dia ngerasa kalo kata-katanya ke Oh-aew tuh bener. Titik baliknya ada di hari pengumuman. Jadi cuman dipilih 10 orang gitu dan Teh lolos. Teh yang tau kalo Oh-aew gak lolos langsung ngejer Oh-aew yang marah. Dia baru tau kalo perlakuan dia ke Oh-aew tuh udah keterlaluan. 

Dari situ akhirnya Teh minta maaf kepada Oh-aew. Mereka akhirnya saling curhat gitu. Tapi Oh-aew bilang ke Teh kalo dia bisa jadi temennya lagi, tapi kalo jadi temen yang sedeket dulu dia masih gak yakin. Makanya akhirnya Teh nawarin diri buat jadi tutor bahasa mandarin Oh-aew, dengan alasan biar dia bisa deket lagi sama Oh-aew kaya dulu.



Di series ini bisa kita liat kalo warna merah itu merepresentasikan Oh-aew sedangkan warna biru itu untuk Teh. Sebenernya warna itu emang warna fandom BKPP gitu soalnya PP suka merah dan Billkin suka biru. Penggunaan dua warna ini detail banget sampe-sampe ikan cupang yang ada di rumahnya Oh-aew itu dua-duanya warna merah sama biru😂 Terus ternyata selimutnya Teh yang warna merah kalo dibalik dalemnya warna biru dong. Gila detailnya gokil banget. 


Selain itu mereka juga punya official goods sendiri yaitu boneka Solar dan Luna. Goods seperti kaos, totebag heart attack, dan bonekanya itu semua didesain bareng-bareng oleh Pea Sarit bersama timnya. Lucu banget kan ya bonekanya jadi pengen:( 



Oh-aew yang akhirnya sahabatan lagi sama Teh mulai curhat-curhat tentang masalah percintaannya tuh ke Teh. Dia cerita kalo dia naksir sama temennya yang cowok bernama Bas. Lucu banget sumpah pas Oh-aew curhat di teras kelas ke Teh itu natural banget anjrit. Kek lo cerita tentang crush ke temen lo sendiri terus lo selama cerita gak bisa gak salting gitu😂 Di lain sisi, Teh juga ada naksir sama temennya yang cewe bernama Tarn. Teh udah confess ke Tarn tapi Tarnnya masih nyuruh Teh buat nunggu dulu. Soalnya mereka kelas tiga kan ya dan Tarn mau fokus buat ujian masuk perguruan tinggi. Teh yang udah bucin pun mau aja nungguin Tarn.


Oh-aew yang terang-terangan cerita kalo dia naksir cowok ngegambarin kalo dia emang udah pede dan sama sekali gak merasa malu sama orientasi seksualnya. Teh yang kembali deket sama Oh-aew lagi lama kelamaan udah gak ngepeduliin lagi tentang Tarn dan kesannya ia malah terlalu memprioritaskan Oh-aew. 

Bas best boy banget gak sih yaampun mau satu yang kek doi. Scene yang dia ngajak Oh-aew buat jalan bedua aja tapi Oh-aewnya malah mau ngajak temen-temennya yang lain berhasil mematahkan hati gue. Kek yaampun giliran dah mo mepet malah Oh-aewnya yang menjauh. 

Kalau Bas di circle Oh-aew, nah di sini juga ada karakter Tarn yang jadi cewe yang disukai Teh. Tarn diperanin sama Smile dan asli bagus banget actingnya yaampun. Apalagi scene dimana doi marahin Teh dan nasehatin Teh kalo semua yang dilakuin Teh tuh selain nyakitin dia sendiri, Teh juga nyakitin perasaan ibunya sendiri. Intens dan emosional banget keren lah pokoknya. 



Ada satu scene yang menggambarkan perasaan Teh dan Oh-aew. Scene tersebut adalah scene dimana mereka berdua lari nunggu sunset di episode 3. Di situ disorot kalo bagian Oh-aew dibikin cerah sedangkan bagian Teh dibikin gelap. Nah pencahayaan ini diibaratkan sebagai Oh-aew yang emang udah terang-terangan mengakui orientasi seksualnya. Sedangkan Teh masih ragu untuk mengakuinya.


       Di episode 3 ini Teh dan Oh-aew bikin simulasi perayaan Oh-aew kalo keterima kuliah gitu. Oh-aew udah nazar kalo misal dia keterima nanti dia bakal lari dari rumah Teh ke atas tanjung buat ngeliat matahari terbenam. Nah sayangnya pas lagi simulasi mereka telat tuh, jadinya mereka gak bisa liat matahari terbenam bareng. 

Ternyata, adegan ini tuh pake if-else skenario guys. Jadi kalo misal ada sunset bakal pake skenario A, sedangkan kalo gak ada sunset bakal pake skenario B. Skenario ini dibuat karena adegannya emang bergantung banget sama cuaca yang gak bisa dikontrol. BKPP harus latihan dan ngapalin dua skenario sekaligus dan cuacalah yang bakal menentukan. Jadi penasaran kan ya kalau misal kemarin ada sunset, kira-kira bakal kek mana tuh ceritanya?


 MEMORABLE SCENE


Ada banyak banget scene yang masih membekas di ingatan gue setelah kelar nonton series ini. Setelah gue pikirin mateng-mateng akhirnya gue memilih 3 scene ini yang menjadi favorit gue.

1. Hammock Scene
Scene di episode 3 di mana Teh dan Oh-aew main ayunan di pantai subuh-subuh. Oh-aew curhat ke Teh kalo dia diajak Bas buat jalan tapi rasanya dia udah b aja gitu ke Bas, gak excited kek dulu. Teh yang kepo nanya-nanya kan ya sampe akhirnya dia nebak kalo Oh-aew suka sama orang lain. Oh-aew yang ditanya diem aja, dia malah balik natap Teh intens kek HAHSHSHSHSHSHSHSH GUE PUSING BANGET. Akhirnya Oh-aew malah balik nanya, dia bilang "Lo serius gak tau?" alias Teh yang ditanya tapi malah gue yang setres. Kodenya bukan main banget anjrit. Di scene ini mereka mulai terbuka sama perasaan masing-masing dan saling flirting gitu deh. Too much feels gue gak sanggup.

2. Bra Scene
Kita udah tau kan ya kalo Oh-aew ini selebgram, otomatis banyak orang yang ngefollow doi. Saat itu dia udah gak mentingin lagi tuh mo dia famous kek apa kek yang ada di pikirannya cuman satu yaitu kenapa Teh gak mau nerima dia? Terlintas lah tuh alasan gara-gara dia bukan cewek. Akhirnya dia selfie lah sama bra itu terus dipos deh ke IG-nya. Tapi gak lama dia apus lagi fotonya karena dia tau kalo dia gak mau kaya gitu dan yakin kalo sebenernya dia lebih memilih untuk menjadi dirinya sendiri.

Ternyata ada fakta menarik dibalik scene ini. Scene awal yang mau dipakai itu seharusnya Oh-aew make lipstik terus nyukur rambutnya. Tapi karena beberapa alasan (jadwal padat, pandemi, dll) tim produksi pun mengubahnya. Tapi kerennya perubahan ini malah lebih nyambung gitu sama scene sebelumnya. Soalnya di cerita sebelumnya ada scene Teh nyentuh dada Oh-aew tapi abis itu berenti kan ya. Anjrit jenius abis dah lah gak ngerti lagi.


3. Ending Scene
Indah banget gak sih sunsetnya? Ini butuh berdoa yang super ekstra sih soalnya ini scene bener-bener mengandalkan cuaca. Dari P'Boss sendiri dia juga maunya tamat sesuai dengan apa yang udah dia rencanain, tanpa tambahan seperti if-else skenario episode 3. Eh akhirnya doanya dikabulin dan beneran muncul dong itu sunset yang indah banget. 

Selain tiga itu masih banyak yang bagus sih sebenernya kaya scene remes dada, under water kiss, Teh comeout, nyium-nyium buku sama kelapa, dan masih banyak lagi. Oiya gue juga mau mengapresiasi PP yang udah ngelakuin scene underwater. Itu syutingnya beneran di laut dan ada ikannya. PP aslinya takut banget sama ikan dan karang laut. Kasian tapi gemes juga gue pas nonton documentarynya. Doi ngerengek-rengek mo buru-buru naik ke atas gitu takut sama ikan😂 


Buat chemistry yang dibangun antara Billkin PP gak usah diragukan lagi lah ya. Mereka aslinya emang temen akrab jadi lebih mudah gitu buat kerja bareng. Gak jarang selama nonton documentarynya kita bakal ngeliat BKPP yang saling ngebantu satu sama lain. Scene yang waktu PP nyanyi Skyline versi chinnese yang ada di trailer itu sebelumnya doi lupa melodinya gimana dan akhirnya Billkin bantuin. Rasa-rasa kek vocal trainer aja ini doi. Kalau ada adegan di mana Billkin gak bisa acting nangis, PP bakal ngebantu dengan mencoba menyampaikan perasaan yang dibutuhkan. Di sisi lain, PP sendiri kesulitan berakting adegan ceria. Maka saat itu Billkin bakal ada di sekitarnya untuk menggodanya maupun menyampaikan vibes ke satu sama lain.


Ada juga adegan di mana penggambarannya suasana hatinya gak sesuai sama yang diharapkan sutradara. Jadi akhirnya mereka balik ke Phuket dong untuk ngerekam ulang adegan itu. Adegan itu adalah adegan di mana Teh minta maaf sama Oh-aew. Pokoknya pas direkam ulang emang keliatan kalo versi kedua itu hasilnya lebih bagus. Memang totalitas tanpa batas👌 Mulai dari episode 3 series ini juga berhasil menjadi worlwide trend no 1 di twitter!


Kalo dari gue pribadi, dari segi acting maincast udah mantep banget lah ya. Tapi gue cuman agak kurang suka aja sama acting nangisnya Billkin. Gue gak bilang jelek ya di sini, tapi emang bukan selera gue aja gitu ngeliat scene nangis yang beringus-ingus meler gitu. Gue tipikal yang lebih suka scene nangis yang saking sakitnya tuh sampe udah gak punya tenaga lagi gitu loh buat nangis kejer. Ngerti kan ya? Eh tapi emang khas anak Nadao banget sih nangis yang sampe meler-meler itu ingus. 

Kalo diliat dari documentary, untuk mewakilkan peran Teh kecil gue personally lebih suka sama Pupa, sih. Doi lebih tau gitu gimana caranya jadi orang songong😂Sampe-sampe Nobel dicontohin sama Pupa kan ya buat acting gaya songong. Walaupun begitu emang bener sih kalo dari segi looks Pupa lebih cocok jadi Oh-aew karena mukanya lebih mirip PP dibandingkan Billkin. 

Gue gak bisa berkata banyak tentang circlenya Oh-aew karena emang gak pula diceritain sih di sini. Maksudnya gak punya cerita sendiri-sendiri gitu, walaupun side character biasanya ada ceritanya sendiri kan ya. Kai, Mod, sama Phillip di sini fungsinya emang buat melengkapi aja sih. Ini series emang fokusnya bener-bener ke maincast jadi gak perlu khawatir kalo ceritanya bakal ngalor ngidul kemana-mana. 

Overall emang bagus sih ini series gak boong. Intinya orang-orang banyak ngerekomendasiin series ini tuh gak salah karena emang kualitasnya sebagus itu. Big applause deh pokoknya buat semua cast beserta tim produksi👏👏👏


 ORIGINAL SOUNDTRACK

O1. BILLKIN - Skyline (กีดกัน)

Lyric BILLKIN - Skyline (กีดกัน) click here.


O2. Skyline (如何) Chinnese Version

Lyric PP - Skyline (如何) click here.


O3. BILLKIN - Can't Translate (แปลไม่ออก)

Lyric BILLKIN - Can't Translate (แปลไม่ออก) click here.


O4. BILLKIN PP - Freaking Special (โคตรพิเศษ)

Lyric BILLKIN PP - Freaking Special (โคตรพิเศษ) click here.

       Di ending episode 5 kan udah ditampilin ya kalo ITSAY bakal berlanjut di Part 2 pada tanggal 11 Maret 2021. Nah, tapi karena terjadi kasus covid lagi di Thailand maka syutingnya (lagi-lagi) terpaksa diundur. Beberapa minggu lalu udah diumumin juga kalo tanggal tayang fixnya itu tanggal 27 Mei 2021. 


Gue mau bahas dikit tentang ITSAY Part 2 ah. Kali ini castnya berbeda dari sebelumnya ya geng. Mungkin beberapa dari kalian ada yang udah familiar dan belum sama pemainnya jadi mo gue kenalin dulu nih. Pemain yang cukup familiar itu ada Oab, Goy, Na, sama Pea sisanya ada New, Boss, sama Tar yang emang bener-bener new face

Goy yang sebelumnya udah jadi screenwiter dan Pea yang sebelumnya nge-handle goodsnya ITSAY ikut main dong sekarang! Gue jadi keinget kalo Goy sama Pea dulu pernah main di Hormones 3 dan pernah ada scene berantem gitu. Nah, dari situ gue jadi penasaran nih kira-kira mereka bakal berantem lagi gak ya di ITSAY Part 2? Soalnya Goy ini ada di circle-nya Teh sedangkan Pea ada di circle-nya Oh-aew😂 Kalo Oab sendiri untuk projek series yang terakhir dia peranin itu ada Blackout. Sedangkan Na yang gue tau itu doi ada di After Dark sama UWMA. 


 UPDATE ]

  AWARDS

Siamrath Online Awards 2020 

  1. The Most Popular OST (Billkin's  Skyline)
  2. The Most Popular Series 
Yniverse Awards 2020 

  1. Best Series
  2. Best Director (Boss Naruebet)
  3. Best Screenplay 
  4. Best Main Actor #1 (PP Krit)
  5. Best Main Actor #2 (Billkin Putthipong)
  6. Best Supporting Actor (Nat Kitcharit)
  7. Best Co-starring Actor (Khunpol)
  8. Best OST (Billkin's Can't Translate)
Komchadluek (KCL) Awards

  1. Popular Series Award
  2. Popular Actor Award (PP Krit)
  3. Popular Singer Award (Billkin Putthipong)
  4. Best Leading Actor Award (Billkin Putthipong)



Oke deh, keknya itu aja yang bisa gue bahas di postingan kali ini. Thx udah mampir~ Jangan lupa streaming lewat link official ya! Oiya jangan lupa juga sempetin waktu buat ngeklik iklan yang ada di postingan ini ya guys, biar gue tambah semangat nulisnya xixixi. (Read my other reviews: Here)

So, menurut kalian scene mana sih yang jadi favorit kalian? Jawab di kolom komentar ya!






 Cr: mydramalist, OGTNAF, billkin_fc, bkppuniverse
All compiled and translated by : Alif's Blog
TAKE IT OUT WITH FULL CREDIT!!!

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Ni series standarnya tinggi banget
    Gw stlah nonton ini kalo nonton series bl lain jdi gak srek hiksss
    Demi apa pun acting Bkpp DAEBAK BANGETTT
    Pusing gw liat saking hebatnya
    Gw yakin biaya produksinya gak sedikit sih
    Harga mahal nih series
    Semoga part 2 yah sebagus part 1
    Btw gw suka banget review lu kak bagus bingitt xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bner bgt standarnya gak kaleng2 mana kmaren dapet 8 awards skaligus kan ya jd gausah diraguin lagi, btw thx komennya🤩

      Hapus