Review MV Aueyauey (CF No CC), NINEW (Safezone), dan First Anuwat (Enough)

By dkssltk - Kamis, 04 Februari 2021

     Melihat judul dari postingan ini agaknya bakal bikin kalian bingung ya ini kenapa tiga MV dijadiin satu postingan gini. Gue pun awalnya juga ikutan bingung enaknya dikasih judul kek mana lah ya ini postingan. Penyatuan review ini tentunya bukan tanpa alasan karena ketiga MV ini semuanya berkaitan. Jadi kek masih nyambung gitu loh ya ceritanya. Hal inilah yang membuat gue tertarik buat ngebahas ketiga MV ini. Di postingan ini gue juga bakal ngebahas tentang label musik mereka so without any further ado, let's get started!


Sebelumnya gue mo ngenalin para penyanyinya dulu nih. Mereka adalah Aeuyaeuy, NINEW, dan First Anuwat! Ketiganya sama-sama berasal dari label musik yang sama yaitu Marr. Gue mo ngebahas tentang profil label marr dulu nih. Fakta menariknya, label ini adalah label bentukan gitaris dan keyboardist band "MEAN" yaitu P'Pat dan P'Palm. Gue baru tau tentang hal ini karena gue baru ngepoin gitu ceritanya. Padahal gue cukup suka sama lagu-lagu MEAN apalagi yang judulnya "So Mean". Sumpah lagu itu beneran lagu Thailand pertama yang gue sukaaaaaaaa banget dengerin dan gue hafalin liriknya. Jadi gue agak kesel gitu pas baru tau dan langsung auto kek, 

"Yaampun selama ini gue KEMANA AJAAAA?"


Setelah gue kepoin ternyata label Marr ini juga memiliki filosofi nama yang cukup unik. Jadi awalnya P'Palm mau nama yang mengandung unsur 'air' karena air bisa beradaptasi di manapun sesuai dengan bentuk suatu benda. Di samping itu P'Wat menyukai kata "มา (ma)' yang dalam bahasa Thailand berarti 'come'. P'Wat menjelaskan bahwa itu seperti ketika kita sedang membicarakan sebuah lagu, artis, atau hal menyenangkan lainnya biasanya kita akan berkata 'Hey! this song is coming!'. Maka ia merasa bahwa kata ini memberikan energi positif untuk membangun seseorang.

P'Palm lalu mencari kata 'air' dalam berbagai bahasa kemudian ia menemukan kata dalam bahasa Spanyol untuk 'laut' yaitu 'mar'. Di dalam kata tersebut cocok seperti kriteria yang mereka berdua inginkan yaitu berkaitan dengan 'air' dan juga ada kata 'ma' di dalam kata tersebut. 


Akhirnya kata 'marr' pun dipilih dengan makna "Kami mungkin hanyalah setetes air yang kecil. Tetapi saat mengambil hal-hal baik, energi yang baik pun akan ikut datang yang dapat menjadikan kita lautan yang hebat". BAGUS BANGET GAKSIH😭😭😭 Hal inilah yang membuat logo mereka mempunyai tetesan air di dalamnya. Selain itu juga terdapat note musik di dalam huruf a yang terhubung dengan tetesan air. 

Tetesan air dan note musik quaver di dalam huruf a

 CAST

Ketiga MV ini berpusat pada tiga pemain. Mereka adalah Tae, Sea, dan Naen. Tae diperankan oleh Brave, Sea oleh Tonkhaw dan Naen diperankan oleh Jane. Singkat cerita, Tae sudah bersahabat sejak lama dengan Naen. Naen menyukai Tae namun sayang, Tae hanya mengganggapnya sebagai teman, Nantinya Tae akan bertemu dengan Sea yang menaruh hati padanya.

Brave as Tae

Tonkhaw as Sea

Jane as Naen


 1. Aueyauey - CF No CC


Lyric Aueyauey - CF No CC : click here

Kalian agak bingung gak sih sama judulnya? Gue awalnya gak tau ini judul maksudnya apaan. Setelah gue cari tau ternyata CF No CC ini adalah singkatan dari 'Confirm No Cancel'. Gak tau deh ya ini singkatan emang cuman berlaku di Thailand apa guenya aja yang mainnya kurang jauh. Jadi maksud dari judulnya itu kek misal orang dah mesen barang online tapi gak bisa dicancel lagi gitu. 

Lagu ini dirilis pada tanggal 20 Agustus 2020 dan menjadi lagu pertama dari label Marr. Eh semuanya dirilis tanggal segitu sih. Lirik lagunya lucu gitu apalagi lirik bagian awalnya yang liriknya "Kamu.... kok bisa lucu banget kek gini sih, makan apaan deh?". Asli beneran kek gue kalo lagi liat artis favorit gue. Terheran-heran kan lo bisa-bisanya ada manusia secakep ini. Bikin gue tiap hari mikir, 

"Ya allah ni orang cakep banget dikasi makan apaan lah ya?" 



MV dibuka dengan Sea yang melihat Tae sedang berjalan di area kampusnya. Jatuh cinta pada pandangan pertama gitu ceritanya. Sangat jelas terlihat dari tatapan Sea yang bener-bener tanpa ngedip (bahkan sambil mangap) ngeliatin Tae yang baru aja berjalan melewatinya. Tae yang orangnya pekaan, tau kalo dia lagi diliatin maka dari itu dia baleslah Sea dengan senyuman manisnya. Asli sih di sini Brave emang cakep banget yaallah gak kuat gue mo minta ampun aja rasanya. SENYUMNYA MANIS BANGET.

Di momen itulah akhirnya tanpa pikir panjang Sea langsung memberanikan diri untuk mendekati Tae. Mana keliatannya Tae belom ada yang punya juga kan ya yaudahla kita terobos aja gan. PEPET TERUS JANGAN KASI KENDOR! Sea dengan terburu-buru langsung ngebut beresin bukunya di meja. Bukan karena ada kelas atau hal lainnya, eh ternyata doi lewat jalan lainnya biar bisa tabrakan (yang tentunya settingan) sama Tae.


Tabrakan, bukunya jatoh, terus dibantuin deh sama Tae beresin buku-bukunya yang jatoh. Sesuai rencana banget sih. Saat Tae bantu ngambil penggaris, Sea memakai kesempatan itu buat megang tangan Tae. Asli beneran settingan sih ini soalnya kalo misal emang gak sengaja kepegang mah gak selama itu anjrit jeda sebelum Sea ngambil penggarisnya. Tae yang tiba-tiba tangannya dipegang kek gitu langsung ngerasa bingung tuh. "Aph mksud?????" Sea yang ditatep bingung malah cuman cengar-cengir. "Eh kepegang, canda kepegang".

Akhirnya segala upaya pun Sea lakukan agar membuatnya dapat semakin dekat dan mengenal Tae lebih jauh lagi. Sea yang tau kalau Tae masih di kampus malem-malem sengaja nungguin dia sambil bawa sepeda. Kali ini ia akan meminta Tae untuk memperbaiki sepedanya yang baru aja ia rusakin sendiri.


Adegan saat Sea meminta instagram Tae ini bisa gue bilang alus banget sih. Soalnya pas Tae lagi sibuk benerin sepeda, Sea ngevideoin doi kan ya. Nah udah divideoin tentunya harus update ig dong ya, makanya Sea beralasan minta uname ignya Tae biar dia bisa ngetag doi di instastorynya. Padahal mah aslinya emang sengaja biar bisa mutualan ajatuh sama Tae di instagram. Boleh juga ni skill memepet cowok 101 ala mbaknya.

Trans IG
Tae: Ketemu mulu sampe bosen
Naen: Di foto ini muka gue serem banget, apus!!!


Udah dapet uname IG-nya sekarang saatnya ngestalk! Sesampainya Sea di rumah, dia liatin satu-satu tuh postingan instagramnya Tae. Sampai akhirnya ia melihat postingan doi di tahun 2018. Foto tersebut merupakan selfie Tae dengan Naen, sahabatnya, saat ospek fakultas dulu.


Karena Sea tau kalo Naen ini temenan sama Tae dari orok, makanya dia bayarin lah itu minuman mereka berdua. Sea muncul tiba-tiba banget, kelar ngasi duit langsung ngilang lagi. Pokoknya biar gak ditolak dah itu tawarannya buat nraktir minuman mereka berdua. Selain itu Sea ini juga sering banget minta tolong sama Tae buat ngebukain botol minumannya. Ya alesan ajesi itu biar tiap hari bisa ketemuan sama Tae. Pokoknya dimana aja sampe pernah ditungguin di depan wc dong. Gila agak serem juga ye gue rasa. Sampe-sampe ke botol ke-sekian yang udah dibukain sama Tae, Sea muji dia kek gini, "Buat urusan ngebuka botol, P' paling jago sedunia deh!" gitu katanya. Saat itu gue baru tau kalo Tae ini kakak tingkatnya Sea karena ia memanggilnya dengan sebutan Phi yang berarti Kakak.


Kembali lagi ke how to mepet cowok 101 ala Sea. Kali ini Sea pura-pura sakit kaki yang ngebuat dia jalan agak pincang gitu jadinya. Kakinya diperban ngebuat Tae ngebantuin doi jalan sampai ke suatu tempat. Setelah Tae kelar ngebantuin, langsung tuh perbannya dicopot dan langsung ngegoes sepeda dengan lancar tanpa hambatan alias ngibul mulu anjrit ni cewe. Tapi yaudala ye namanya juga usaha.


MV ditutup dengan Sea yang diperlihatkan sedang bimbang. Kirim gak ya kirim gak ya??? Pesan tersebut berisi "P' Tae, I like you" yang artinya Sea mau confess duluan nih geng. Sebelumnya, di chat atasnya, Tae udah ngedm dia tuh dengan pesan "Get well soon na" alias anjay dah mulai diperhatianin nih Sea sama Tae. Pada akhirnya dengan memantapkan hati, Sea pun mengirimkan pernyataan cintanya lewat dm instagram. Apakah cintanya akan diterima? Atau malahan akan ditolak? Perlu gue kasih tau kalo jawabannya gak ada di MV ini guys jadi skuy lesgo mari lanjut ke reviewan MV selanjutnya~



 2. Ninew - Safezone


Lyric Ninew - Safezone : click here

Lagu ini adalah lagu kedua yang dirilis dari label Marr. Berbeda dengan MV sebelumnya, kali ini MV dilihat dari sudut pandang Naen, yaitu sahabatnya Tae. Intinya lagunya tentang friendzone gitu deh. Official titlenya 'Safezone' tapi buat versi thailandnya itu berjudul Mai Put Dee Gwa yang artinya 'Lebih baik tidak kukatakan'. Jadi maksudnya di sini lo naksir sama sahabat lo sendiri gitu. Pengen confess tapi ya... biasa lah... (insert suara adek-adek biasalah yang lagi viral). Biasanya kalo lo udah temenan lama dan ternyata lo punya rasa sama temen lo ini, lo bakal ngerasa takut buat kehilangan dia kalo misalnya worst case-nya lo bakalan kena tolak. Jadi daripada begitu mending cari aman ajalah ya alias,

Mai put dee gwa~



MV dibuka dengan Naen yang sedang memandangi layar laptopnya sambil termenung lesu. Ternyata ia lagi mandangin foto sahabatnya sendiri yaitu Tae. Di folder tersebut ada banyak foto Tae yang ia miliki. Pokoknya macem-macem deh. Sampai akhirnya acara ngelamunin foto Tae pun terganggu karena bel pintu apartemennya berbunyi. Ia mengecek dari dalam pintu dan ternyata Tae datang menemuinya!!! Wow panjang umur banget ye masnya baru aja diomongin.

Trans Line
Tae: Buka pintu dong gue mo minjem laptop lo nih
Naen: Bentar ye lagi boker 

Ternyata sebelumnya Tae udah ngabarin Naen lewat Line. Naen yang kaget pun langsung cepet-cepet tuh ngehapus semua foto-foto Tae di laptopnya. Ia hapus lalu dipindahkan ke flashdisk miliknya. Gak lupa setelah itu ia juga ngehapus recycle bin-nya biar gak meninggalkan jejak. Akhirnya ia pun membukakan pintu dan mempersilahkan Tae masuk. Ketika Tae menggunakan laptopnya perasaan Naen masih gak tenang, gelisah aja gitu bawaannya.


Usai Tae selesai mengerjakan tugasnya, ia mo masak nasi goreng tuh soalnya laper. Akhirnya dia lempar bawang putih ke Naen, dengan kode buat ngajak doi masak bareng gitu. Cieeee masak bareng. Dari sini keliatan banget lah ya kalo Tae udah sering dateng ke sini. Ya namanya juga dah temenan dari kecil, jadi wajar aja sih. Tae juga udah nyaman banget sama Naen selama kegiatan masak-masak tersebut. 


Akhirnya nasi goreng ala Chef Tae dan Chef Naen pun jadi. Pas lagi makan, Tae nyendokin sayur (gatau apaan) gitu ke piringnya Naen. Kayanya itu sayuran favorit Naen deh makanya dia kasih ke Naen. Namanya sahabat lah ya pasti tau kesukaan sahabatnya sendiri. Naen yang sadar akan hal itu tersenyum tipis dengan perlakuan Tae kepadanya. Gimana gak mau baper kalo doi perhatian banget kek gini. Huh. 



Setelah kelar makan, Tae juga membantu Naen menyiram tanaman di terasnya. Naen yang jahil lalu menyemprotkan air ke muka Tae dan berakhir dengan acara perang semprotan. Ketika lagi asik perang, Tae mendapatkan vidcall dari seseorang. Lo tau gak sih nama kontaknya apaan? Tae ngesave nama kontak tersebut dengan nama 'Sea pacarku' alias pernyataan cinta Sea di MV kemarin diterima oleh Tae.

Tae yang tau ia mendapat vc dari pacarnya langsung mengangkat telpon tersebut. Nampak Naen juga ikut menyapa Sea dari belakang Tae sebelum akhirnya Tae sibuk mengobrol dengan Sea. So sad:(


Selang beberapa saat akhirnya Tae berpamitan pulang sambil membawa sebuah tanaman. Gue gak tau itu tanaman emang punya Tae apa doi minta tanamannya Naen. Kalo beneran minta ke Naen asli sih doi kek emak gue banget. Tiap berkunjung ke rumah temennya pasti minta taneman mulu😃 Nah, pas Tae beresin barang-barangnya, tanpa sadar ia malah mengambil flashdisk milik Naen. Mana sama persis pulak lah itu fd nya kan ya jadi maklum banget bisa ketuker. Pada saat itu Naen juga gak sadar kalau barusan Tae mengambil fd yang salah.


Kemudian scene berpindah ke flashback hari-hari Naen dimana ia menghabiskan waktu bersama Tae. Diperlihatkan tuh kalo setiap hal yang dilakuin Tae tuh bisa bikin Naen salah tingkah sendiri. Mulai dari Tae yang mengelap mukanya, tangan Naen yang bersentuhan dengan Tae, sampai ke jarak muka Tae yang deket banget sama Naen padahal aslinya mah mo ngambil bantal di belakang Naen doang. Namanya juga naksir kan ye, tangan nyentuh dikit aja dah bikin jantung degdegan gak karuan aja bawaannya.


Akhirnya MV ditutup dengan Tae yang sudah di depan laptop dan akan mengecek hasil kerjaannya. Ketika ia mencolokkan flashdisk tersebut, bukannya folder kerjaan yang ia liat melainkan sebuah folder yang ia tidak kenal. Nah, ternyata folder itu bernama 'Ngapain sih gue foto diem-diem' yang mana adalah folder berisi foto-foto Tae yang sebelumnya udah Naen kumpulin jadi satu. Dari layar bisa kita liat kalo cursornya tertuju pada folder tersebut. Tapi gak ditampilin tuh apakah Tae buka atau Tae diemin aja itu foldernya. Jadi kira-kira foldernya dibuka sama Tae gak ya???



 3. First Anuwat - Enough


Lyric First Anuwat - Enough : click here

Lagu ini adalah lagu ketiga yang dirilis dari label Marr. Sampai saat postingan ini dirilis, MV ini udah mencapai 72 juta penonton dalam waktu 5 bulan dong?! Gila mantul banget dek First ini. Dalam bahasa Thailand lagu ini berjudul ถ้าเขาจะรัก (ยืนเฉยๆเขาก็รัก) yang memiliki arti 'Jika dia cinta (berdiam diri pun dia akan tetap cinta)'. Jadi maksud dari lirik lagunya ini kalau dari awal orang yang kita suka menaruh perasaan pada kita, mau kita diem ajapun dia bakal tetep suka sama kita, gak perlu dikejer-kejer gitu. Ada juga lirik yang menurut gue ngena banget artinya, yaitu "Sudah cukup lelah sebaiknya istirahat, jangan mengejar seseorang yang tak pernah mencintai kita".

neuai po laew go pak di kwa 
ya bpai wing dtam kon ti kao
mai koey rak rao...


MV dibuka dengan Tae dan Naen yang bertemu untuk mengembalikan flashdisk masing-masing. Setelah itu Tae ngomong kek gini ke Naen, "Meung, gue dah buka semuanya," sontak Naen langsung kaget tuh ya. Pikirannya pasti dah melayang kemana-mana. Setelah itu scene pun flashback ke saat mereka sedang ngelaundry bersama. Pada saat itu Naen seperti biasa mencoba memfoto Tae diam-diam. Tae yang gak nyadar ya santai aja. Kemudian gak lama ada notif dari instagram Tae yang membuatnya kegirangan. Tae langsung memperlihatkan notif tersebut kepada Naen.


Ternyata, notif tersebut berasal dari Sea. Nah notif ini nyambung sama MV CF No CC soalnya isinya sama kaya yang Sea ketik di ending MV yaitu "I like you" ke Tae. Naen yang ditunjukin notif itu ikut seneng dong ya karena temennya ditaksir sama cewe. Padahal aslinya mah hati Naen udah kek ada bunyi kretek kreteknya gitu deh. Tapi karena Naen ngeliat Tae yang seneng banget gitu mau tak mau ya Naen harus ikutan seneng alih-alih buat nyembunyiin perasaannya terhadap Tae.


Kemudian scene berganti ke Tae dan Naen yang sedang mengerjakan ujian mereka di sebuah kelas. Di sini Tae minta contekan ke Naen yang untung aja gak ketauan sama dosen. Udah pro ini mah keknya. Seusai ujian Tae langsung memeluk Naen erat-erat tuh sebagai bentuk ucapan terimakasih. Naen yang dipeluk ya ikut senang aja karena bisa ngebantu Tae sebagai teman.


Eh tapi, gak lama setelah Tae melepaskan pelukannya, ternyata udah dateng Sea yang mau nyamperin kelasnya tuh. Karena udah pacaran jadi wajar dong ya kalo sekarang Tae juga menghabiskan waktu dengan pacarnya. Naen yang memandangi mereka hanya bisa melihat dengan lesu:( Di lain waktu Naen yang lagi ngelaundry juga pernah ngeliat Tae dan Sea yang baru aja mau pergi ngedate ke luar.

Trans percakapan:
Tae: Gue dah liat semuanya
Tae: Lo kenapa nyimpen folder foto-foto gue?
Naen: ...
Tae: Atau lo jangan-jangan...

Datanglah hari di mana mereka mengembalikan flashdisk masing-masing. Seperti yang dah gue omongin di awal, Tae bilang ke Naen kalo dia udah ngebuka semua yang ada di foldernya. Nah, selanjutnya Tae nanya lagi tuh katanya "Lo kenapa nyimpen folder foto-foto gue?" Naen gak merespon, dia masih diem aja tuh gak tau mau jelasin kek mana. Bingung mau ngomong apa. Akhirnya Tae ngomong lagi, "Atau lo jangan-jangan..." Dia ngomong kek gitu tambah bikin Naen takut ngaku kalo dia sebenernya suka sama Tae. Kira-kira Tae curiga gak ya?


Trans percakapan:
Tae: Nyimpen foto gue buat ultah gue nanti ya?
Naen: Eum
Tae: Oke, gue gapapa kalo gitu
Tae: Soalnya gue suka sama lo beneran cuman sebates temen aja

Ternyata oh ternyata, Tae enggak peka euy. Tae malah ngira kalo foto yang disimpen sama Naen itu emang sengaja disimpen buat ngucapin ultah doi nanti. Tapi menurut gue di sini Tae cuman pura-pura gak peka aja sih. Soalnya setelah dia ngomong gitu dia ngomong lagi kan ya kalo dia cuman nganggep Naen itu ya sebates teman aja dan gak lebih. Doi sengaja ngomong gini soalnya takut kalo tau ternyata Naen beneran ngaku suka sama dia hubungan mereka bakal jadi canggung. Lo tau sendiri kan ya di sini posisinya Tae baru aja dapet pacar.



Di MV ini juga diliatin kalo Tae sama Naen ini emang udah temenan dari kecil. Selain itu juga ada foto mereka sama ibu mereka masing-masing yang mana menandakan kalo mereka ini emang dah akrab banget dari dulu. Oiya terus ada juga foto waktu mereka lulus SMA. Sama kek di Indo, di Thailand juga ada tradisi nyoret-nyoret seragam tuh setelah lulus. Nah di MV ini difokusin banget ke bagian kerahnya Tae. Ternyata di bagian kerahnya ada tulisan รักนะไอโง่ (rak na ai ngo) yang mana artinya kira-kira begini "Eh bego, gue cinta sama lo". Gue bisa tau kalo itu Naen yang nulis soalnya Naen juga megang spidol warna oren, persis sama warna di tulisan itu. Gak tau deh ya saat itu Tae emang gak tau sama tulisan itu atau emang tau tapi dia nganggepnya Naen cuman cinta sama dia sebagai teman aja. Entahlah. Hanya Tae dan Tuhan yang tau.

Selesai deh reviewan MV Thailand kali ini! Tema friendzone emang seru banget buat diangkat karena ya banyak banget orang-orang yang merasa relatable dengan apa yang dialami Naen di ketiga MV yang barusan gue bahas. Bagus-bagus semua ya lagunya, gue sendiri gak bisa milih paling suka yang mana. Kalau kalian paling suka lagu yang mana guys? Komen di kolom komentar ya!

Jangan lupa juga sempetin waktu buat ngeklik ads yang ada di postingan ini ya, biar gue tambah semangat gitu nulisnya xixixi. Thx for reading and see you on the next post! 

(Read my other reviews: Here)


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar