Review MV Ink Waruntorn (อิ้งค์ วรันธร) - Erase (ลบไม่ได้ช่วยให้ลืม)

By dkssltk - Senin, 26 Oktober 2020

      Baru-baru ini gue lagi seneng banget ketemu lagu Thailand yang nadanya gampang nyangkut di kepala gue. Nah, salah satunya lagu 'Erase' ini. Gue baru nemu lagu ini di bulan agustus padahal sebenernya lagu ini dah rilis dari bulan juli kemarin. Dari bulan agustus kemarin juga dah niat mo ngereview tapi emang dasaran guenya aja lah ya yang mageran. Di postingan kali ini, gue bakal ngebahas alur cerita yang ada di MV ini so, untuk tau alur ceritanya langsung klik read more aja ya!


 MUSIC VIDEO



Lagu ini dirilis pada tanggal 9 Juli 2020, kira-kira 3 bulan yang lalu lah ya. Gue awalnya surfing youtube gitu deh, dengerin lagu Thailand siapa tau ada yang kecantol. Akhirnya nemu lagu ini dan gue langsung kek "Ih enak, akan segera gue masukkan ke list spotify," gitu kan ya. Nah, sayangnya di youtube officialnya tuh gak ada terjemahan inggrisnya. Jadi awal gue suka lagu ini tuh murni cuman karena nadanya yang gampang kecantol di otak gue. Gue kudu mampir ke blog deungdutjai dulu tuh, buat tau sebenernya ini lagu tuh ceritanya tentang apa sih?

Ink Waruntorn - Erase [Lyric + English Translation] "Click Here"




Sebelum gue bahus alur cerita MV-nya, gue mau bahas tentang P' Ink dulu ah. Jadi, Waruntonrn Paonil, atau yang biasa dikenal dengan Ink adalah penyanyi dari label music Boxx Music. Nah, gue baru tau ternyata kemaren-kemaren pas lagunya baru aja rilis udah dipromosiin tuh sama Tay Tawan. Doi dengerin lagu ini di mobil bareng sama Gun. Btw, Ink sama Tay ini sama-sama drum major di Universitas Chulalongkorn. Kalo lo ngikutin Tay Tawan lo gak bakal heran lagi lah ya kalo doi masih sering jalan bareng sama anak-anak drum major-nya dulu. Bisa diliat di foto di atas P' Ink di tengah dan di bagian kanan (bukan yang sebelah mc) ada Tay Tawan😂




Terus juga ternyata Tay dulu pernah ngebahas tentang lagu ini di salah satu tweetnya. Sebel banget si gue bacanya anjrit WKWKWK. Jadi intinya kek, 'Buat apa lo susah-susah ngeapus kalo tu poto masi ada di recycle bin?' Gue awalnya setuju sama dia. Kek, 'Lah, iya juga ya?' Tapi abis itu gue cek lagi MV-nya dan baru nyadar kalo ternyata model mv-nya tuh ngapus folder yang ada di hard disk-nya which means kalo sekali udah diapus ya gak bisa dibalikin lagi lah😂




Kesan pertama gue nonton MV ini tuh bingung. 'Hah? Gimana gimana?' kek gitu. Gue pikir, sesuai dengan judulnya yang 'Erase' berarti ini lagu tentang menghapus kenangan lah ya kira-kira. Terus awalnya pas tonton gue liat ada cowok yang kehilangan cewenya gitu, jadi gue mikir kek 'Oh... jadi ini MV-nya make POV dari cowo yang baru aja kehilangan istrinya toh'. Eh setelah gue tonton sampe abis ternyata gue salah dong. Ternyata MV ini tuh make poinf of view dari mantan cowo itu. 

Gue agak bingung awalnya, tapi setelah gue tonton lagi MV-nya, terus gue liat penjelasan yang ada di kolom komentar youtube akhirnya gue cukup paham. Ternyata urutan kejadian yang ditampilin di MV ini tuh gak runtut jadi wajar aja kalo penonton bakal dibuat bingung. Supaya alurnya lebih jelas gue bakal jabarin satu-satu aja ya.


 MV STORY LINE


    MV dibuka dengan memperlihatkan sebuah hard disk yang telah terhubung pada sebuah laptop. Di depannya terdapat sebuah polaroid kecil yang telah difigura. Jadi, ada delapan moment yang dibagikan di alur MV ini. Sesuai dengan delapan folder yang nantinya akan dihapus oleh pemilik hard disk tersebut. Seperti yang udah gue bahas di awal tadi, kejadiannya gak dibuat runtut. Gue bahas runtutan  kejadian berdasarkan versi MV beserta menitnya dulu aja ya.

Urutan MV:
0:00 Masa sekarang
0:31 📂 ทริปรวมรุ่น (Trip Kombinasi) 
0:54 📂 งานศพแจน (Upacara Pemakaman Jane)
1:23 📂 งานแต่งอ้น & แจน (Pernikahan On & Jane)
1:43 📂 งานรับปริญญา 2557 (Acara Wisuda 2014)
2:17 📂 รับน้องปี 1 (Ospek tahun pertama)
2:31 📂 With You
2:48 📂 เลี้ยงปีใหม่ (Pesta Tahun Baru)
4:08 Pinky Promise
    
    Urutan MV nya kaya gitu kan ya? Nah, untuk alur yang bakal gue bahas di review kali ini bakal gue sesuaikan sama urutan kejadian yang bener ya. Jadi gue gak bakal ngikutin urutan MV, melainkan gue bakal ngurutin sesuai dengan urutan kejadian yang seharusnya terjadi. Bila delapan folder tersebut di urutkan, urutannya bakal menjadi seperti ini :

Urutan MV:
2:17 📂 รับน้องปี 1 (Ospek tahun pertama)
2:31 📂 With You
4:08 Pinky Promise
1:43 📂 งานรับปริญญา 2557 (Acara Wisuda 2014)
2:48 📂 เลี้ยงปีใหม่ (Pesta Tahun Baru)
1:23 📂 งานแต่งอ้น & แจน (Pernikahan On & Jane)
0:31 📂 ทริปรวมรุ่น (Trip Kombinasi) 
0:54 📂 งานศพแจน (Upacara Pemakaman Jane)
0:00 Masa sekarang


1. Ospek Tahun Pertama (รับน้องปี 1)



Urutan kejadian yang seharusnya paling pertama terjadi adalah saat ospek universitas. Pada MV-nya muka mereka berdua tidak diperlihatkan, walaupun begitu kita masih diperlihatkan nametag yang mereka miliki. Ada seorang laki-laki dan perempuan yang sedang duduk di kursi, yang laki-laki bernama On dan yang perempuan bernama Um. Nampaknya Um mempunyai ketertarikan atau mungkin merasa nyaman dengan On, laki-laki di sampingnya. Hal ini ditandai dengan Um yang mengajak On untuk berselfie.


2. With You & Pinky Promise 



Album 'With You' berisikan kumpulan foto selama On dan Um berpacaran. Ini nih yang bikin gue bingung. Gue pikir album ini tuh kenangan antara On sama Jane (cewek yang meninggal nanti). Soalnya di MV, pas Um buka foto-foto di album ini tuh cuman ngeliatin muka On doang, ceweknya gak keliatan gitu lho, cuman keliatan seuprit doang.



Saat berpacaran dulu, On dan Um juga menyimpan kebersamaan mereka dalam sebuah foto polaroid. Nah, ini nih foto yang sebelumnya udah difigura oleh Um. Foto dua jari kelingking yang saling bertautan. Ini kita anggep kek janji buat saling menyayangi satu sama lain dan selalu bersama di kala suka & duka gitu kali ya. 


3. Acara Wisuda 2014 (งานรับปริญญา 2557)



Tepat setelah 4 tahun On dan Um kuliah di kampus yang sama, akhirnya mereka pun wisuda bersama. Tapi di sini keadaannya sudah berbeda. Gue asumsikan di sini On dan Um udah putus ya, tapi masih berhubungan baik karena mereka berada dalam satu circle yang sama. Karena hal tersebut maka gue anggap mereka udah putus secara baik-baik. 


Nah setelah On putus dengan Um, ia dekat dengan adik tingkatnya bernama Jane. Jane, cewe berambut pendek, di sini memotret On dan Um bersama dengan circle mereka. Tampak jelas bahwa Jane merupakan kenalannya On sebab setelah ia memotret foto tersebut, ia langsung menunjukkan hasilnya kepada On.


4. Pesta Tahun Baru (เลี้ยงปีใหม่)




Ada dua hal penting yang terjadi di acara perayaan tahun baru ini. Hal pertama adalah On yang melamar Jane untuk menikahinya. Salah satu foto dari album Um menunjukkan bahwa On baru saja melamar Jane. Foto tersebut menampilkan Jane yang memamerkan cincin yang baru saja On sematkan di jari manisnya. Selain itu, di belakang mereka juga ada teman-teman dari circle mereka yang turut senang atas kejutan lamaran On yang berjalan dengan lancar.



Hal kedua yang terjadi adalah scene di mana Um mencium On secara tiba-tiba. Sebenernya gue agak bingung sih sama waktunya. Kalo misal pas hari itu Jane baru aja dilamar, harusnya Jane pulang bareng On dong ya? Dianterin gitu loh maksudnya. Nah, ini keliatannya acara perayaan tahun baru mereka udah kelar tapi hanya tinggal On dan Um aja yang tersisa di rumah tersebut. Oke, buat masalah waktu mending kita sampingin dulu aja lah ya. Pokoknya di sini, Um mencium On untuk membuat On lebih yakin dengan keputusannya melamar Jane. Jujur, Um masih belum bisa move on dari On dan ia gak rela kalau On akan segera menikah dengan Jane. Di benaknya, ia berpikir bahwa jika ia mencium On mungkin saja On akan mengubah keputusannya. Namun ternyata apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang Um harapkan.

Kenyataannya, On sudah tidak merasakan hal apapun terhadap Um. Perasaan yang dulu pernah mereka rasakan untuk satu sama lain kini hanya tinggal dirasakan oleh Um saja. The feeling isn't mutual anymore. Hal ini ditandai dengan On yang tetap diam dan tidak membalas ciuman Um. Walaupun On tidak mengucapkan sepatah kata apapun, Um sudah tau jawaban dari permintaannya. Pada akhirnya, ia harus bisa merelakan On yang ingin menghabiskan sisa hidupnya bukan bersama dirinya melainkan bersama dengan orang lain. 


5. Pernikahan On & Jane (งานแต่งอ้น & แจน)



Walaupun berat, pada akhirnya dengan terpaksa Um pun mulai merelakan On. Pada hari pernikahan On dengan Jane, Um turut hadir bersama dengan teman-temannya yang lain. Tapi gue yakin di sini Um belum bisa move on sepenuhnya dari On, sih. Datengnya kek cuman formalitas aja gitu, padahal aslinya mah masih sakit hati. Tapi ya mau gimana lagi, namanya perasaan gak bakal bisa dipaksain. Kalo dari awal perasaan itu udah hilang, gak bakal mudah atau malah gak bakal bisa untuk dibangun kembali.


6. Trip Kombinasi (ทริปรวมรุ่น )



Setelah pernikahan On dan Jane, mereka bersama teman satu geng mereka melakukan trip bersama. Tak lupa pula Um juga ikut berpartisipasi dalam trip tersebut. Dapat kita lihat bahwa di sini Jane menaiki kursi roda. Gue gak tau secara pasti Jane ini sakit apa, yang jelas dia mengidap sebuah penyakit yang mengharuskan dirinya menggunakan kursi roda. Di sini, bisa diliat walaupun keadaan Jane tidak pula sehat, mereka semua tampak bahagia menjalani trip ini. Senyum yang ditampilkan Um juga tampak tulus yang menandakan bahwa ia sudah ikhlas merelakan Um dengan On. Hubungan yang terjalin antara Um dan On juga tampak baik. 


7. Upacara Pemakaman Jane (งานศพแจน)




Pada akhirnya, Jane pergi meninggalkan On untuk selamanya. Setelah sesi upacara pemakaman Jane usai, On tak dapat lagi membendung tangisannya. Ia menangis sejadi-jadinya. Um yang melihat On begitu terpukul atas kematian Jane ikut merasa tak tega, ia mencoba menenangkan On dengan cara memeluknya. Jauh di dalam lubuk hatinya yang terdalam, Um merasa senang dapat memeluk On kembali. Walaupun sebenarnya ia tak seharusnya merasa senang dengan kepergian Jane. Ketika ia memeluk On, sontak pandangannya langsung tertuju kepada foto Jane yag berada di belakang On. Ia kembali teringat kenangan ketika ia memotret foto tersebut. Jane tampak tersenyum bahagia ke arah lensa kamera milik Um.





Teringat kembali akan kenangan tersebut membuat Um tak dapat membendung tangisannya. Ia merasa sangat jahat dengan apa yang baru saja terlintas di dalam benaknya. Ia baru menyadari bahwa ia tak seharusnya merasa senang atas kepergian Jane. Ia sadar bahwa keegoisan di dalam dirinya telah menuntunnya ke pikiran untuk merebut On kembali kepadanya.


8. Masa Sekarang



Setelah menghapus semua folder kenangan antara dirinya dengan On dan Jane, Um pun mematikan laptopnya. Namun, ternyata masih ada satu foto yang tersisa. Foto tersebut adalah foto polaroid yang di awal MV telah ditampilkan. Foto polaroid tersebut adalah foto jari kelingking antara On dan Um yang saling bertautan. Walaupun semua folder di hard disk-nya telah ia hapus, ia masih tetap tidak bisa membuang foto tersebut. Pada akhirnya, ia baru menyadari bahwa walaupun semua kenangan telah ia hapus, ia masih tetap saja tidak bisa melupakan semua kenangan tersebut. 


Lop arai gor dtahm dtae tah soot tai yung ruk yoo
Erase everything, but if in the end you still love them

Gahn lop mai dai chuay hai leum
Erasing it doesn’t help you forget


Jadi gimana guys? Udah cukup jelaskah penjelasannya? Bagus banget ya lagunya tuh, walaupun udah masuk bulan oktober gue masih aja belom bosen dengerin lagu ini. Kalau masih ada yang bikin kalian bingung bisa tinggalkan komentar aja ya~ Ini kali pertama gue ngeposting review MV Thailand jadi sorry ya kalo misalnya masih banyak kekurangannya. See you on the next post! (Read my other reviews: Here)




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar