Review Thailand Series : The Shipper (2020)

By dkssltk - Sabtu, 12 September 2020

 

      Jadi bulan kemaren gue baru aja namatin series punya GMM berjudul The Shipper dan gue suka banget sama series ini! Series ini sendiri dibintangi oleh First, Fluke Pusit, Prigkhing, dan Ohm pawat. Tanpa banyak bacot langsung klik read more aja ya untuk tau gimana reviewnya!


Native Title: The Shipper จิ้นนายกลายเป็นฉัน
Also Known As: Chin Nai Klai Pen Chan
Director: Aticha Tanthanawigrai
Genres: Comedy, Romance, School, Drama, Fantasy
Country: Thailand
Episodes: 12
Aired: 22 May 2020  07 August 2020


 SYNOPSIS

      Pan dan Soda adalah dua gadis fujoshi yang suka membayangkan pasangan laki-laki melakukan hal yang romantis. Dua pasangan yang mereka sukai adalah dua sahabat di sekolah mereka: Way, atlet yang keren, dan Kim, siswa yang berprestasi. Meski sebenarnya keduanya tahu bahwa keseluruhan cerita hanyalah fantasi, sebab Way sudah mempunyai pacar, Ping Ping, yang membuat kedua gadis itu kesal.

Suatu hari, setelah hampir menyebabkan Way dikeluarkan dari sekolah, Pan bertemu dengan Kim, yang dengan sukarela mengantarkan Pan pulang. Sayang, nasib sial menimpa mereka yang membuat mereka mengalami kecelakaan. Saat bangun, Pan menemukan dirinya berada di tubuh Kim dari kesalahan Angel of Death. Sementara itu, jiwa Kim di tubuh Pan masih belum pulih. Dewa kematian berjanji akan menemukan solusi, tapi untuk saat ini Pan harus tetap berada di tubuh Kim.

 CAST

Kanaphan Puitrakul (First) as Kim

Pawat Chittsawangdee (Ohm) as Khet

Pusit Ditaphisit (Fluke) as Way

Sureeyaret Yakaret (Prigkhing) as Pan

Kanyarat Ruangrung (Piploy) as Soda

Benyapa Jeenprasom (View) as Ping Ping

Jennie Panhan as Angel of Death

Warinda Damrongphol (DJ Dada) as Teacher Angkana

Waratchaya Ophat-sirirat as Nun [Phingphing's friend]
IG : "Click Here" 

Chinnaphat Charat-uraisin as Somza [Phingphing's friend]

Photcharaphon Thepsukdi (Atom) as Pongpol / Off

Sean Veeravit as Pipe [Off's henchman]

Phiradon Si-osot (Peach) as X [Off's henchman]



        Jadi, sebenernya dari awal gue udah nunggu-nunggu banget series yang satu ini buat tayang. Gue udah nungguin dari tahun kemarin yang mana waktu GMM ngadain acara New & Next untuk memperkenalkan semua upcoming series mereka di tahun 2020. Dari semua trailer yang ditampilin, The Shipper jadi salah satu yang paling gue tunggu-tunggu. Soalnya kek fresh aja gitu? Biasanya kan, kita kalo liat peran cewe dalam series BL kalo gak ngerusak hubungan main character ya palingan pasti jadi pacar yang tersakiti, tuh. Nah, di sini tuh beda karena pemeran utama ceweknya adalah seorang fujoshi. Gue yakin kalian udah tau lah ya apa yang dimaksud Fujo? Gampangnya, fujo ini istilah dari Jepang buat cewe-cewe yang suka ngeship boy x boy in a romantic way.


        The Shipper merupakan series GMMTV yang mengambil slot tayang 2Gether. Jadi setelah 2Gether tamat, series yang menggantikan slot tersebut adalah The Shipper. Tayang setiap hari Jumat jam 9:30 PM (Zona waktu Thailand sama kaya Indonesia ya). Tapi beda sama 2Gether, kalo 2Gether mah tayang perdana kan ya di youtube channelnya GMM. Pas tu drama tayang saat itu juga lo bisa nonton udah beserta engsub. Nah, kalo The Shipper nih beda jadi lo kudu tunggu beberapa jam dulu baru engsubnya diupload sama GMM. Kalo gue gak salah inget, engsubnya keluar tiap tengah malem deh soalnya dulu gue suka nontoninnya tengah malem.


Series ini sendiri disutradarai oleh P' Mui bersama dengan P' O sebagai produsernya. P' Mui sebelumnya merupakan screenwriter dari series Netflix berjudul Girl From Nowhere. Ada yang udah nonton kah? Bagus, sumpah. Nampar banget itu seriesnya kalian wajib banget nonton. Setelah selesai dengan The Shipper rencananya Girl From Nowhere juga bakal dibikin season 2 jadi tungguin aja ya~ Nah, kalo buat P' O sendiri ia sebelumnya sudah pernah menyutradarai The Gifted. Ini series juga bagus parah, sekarang lagi tayang season 2 nya kalian bisa langsung tonton di official youtube GMMTV okay~ Balik lagi ke topik. Tim harus brainstorming gimana caranya mereka harus bisa bikin gak ada satupun karakter yang datar. Sampai-sampai mereka harus nulis ulang lebih dari 10 kali karena mereka pengen banget bikin penonton terkejut di setiap episodenya. 



        Udah banyak series BL di Thailand tapi belum ada yang bener-bener ngebahas tentang the shipper (Fujoshi). Jadi mereka pengen nge-explore lebih banyak tentang cewek Fujoshi. P' Mui sendiri juga tertarik dalam budaya nge-ship jadi tim mereka setuju untuk mengusung tema ini. Series ini merupakan series original. Berbeda sama kebanyakan BL yang udah tayang di Thailand yang biasanya diangkat dari novel yang sudah booming sebelumnya. Jadi, selama nonton seriesnya lo bener-bener gak tau nantinya ini cerita bakal dibawa kemana karena lo gak punya contekan. I mean, kalo diangkat dari novel kan lo udah tau kan ya ceritanya bakal gimana. Nah kalo ini kita bener-bener gak tau apa-apa tentang jalan ceritanya bakal dibawa kemana.

Kalau kita berada di dalam badan orang lain, apalagi orang yang kita ship, pasti bakal muncul pertanyaan, 'Gue bisa gak ya hidup di badan ni orang dan nentuin apapun di hidupnya?' Karena kita gak bakal tau apa yang kita pikir tuh terbaik buat dia, belom tentu itu hal yang bener-bener dia inginkan. Gue setuju banget sih sama kata-kata P' Mui di salah satu interviewnya. Dia bilang, 'Semua orang punya pilihan dan tindakan masing-masing, yang mana kita gak pernah menyangka bakal mereka lakukan.'


        Series ini diawali dengan cerita Pan. Pan, diperankan oleh Prigkhing, adalah seorang fujoshi yang hobi menulis fanfiction bertemakan boys love. Selama menulis fanfic, dia gak sendirian melainkan ditemani teman sekelasnya bernama Soda yang diperankan oleh Piploy. 



        Gue suka banget sama Prigkhing dan Piploy yang udah meranin karakter Pan dan Soda di sini. Gemes banget aaaaaaaa tolong. Rempong banget emang dah kalo udah nemu temen satu frekuensi. Kek, relatable banget woy? Sumpa sih kalian fujo/fudan pasti bakal ngerasain yang sama kaya gue. Gimana rasanya ngeliat kapal yang lo tumpangin tuh ada momen. Gimana rasanya lo kesel kalo ada yang ngeganggu hubungan kapal lo dan juga gimana rasanya lo bisa halu sangat jauh. Hanya karna moment sweet secuil apapun itu. Itu semuanya direpresentasiin di The Shipper. Sangat sesuai banget lah ya sama judul yang diangkat.



        Di series ini, Prigkhing sama Soda ngeship sebuah kapal yang ada di sekolah mereka. Kedua orang tersebut adalah Way dan Kim yang mana merupakan kakak kelas mereka. Way dan Kim ini punya personality yang sangat bertolak belakang. Way adalah tipikal berandalan sekolah yang suka berantem dan langganan masuk BK. Sedangkan Kim adalah murid teladan yang sering memenangkan berbagai macam olimpiade dan sangat mengharumkan nama sekolah. Gimana ceritanya mereka bisa akrab nanti bakal diceritain seiring jalannya cerita. Walaupun di mata Pan dan Soda hubungan Way dan Kim terlihat manis, pada kenyataannya di sini P' Way sudah mempunyai pacar bernama Pingping, yang diperankan oleh View Benyapa. Pan dan Soda selalu memakan pil pahit tiap kali Way menghabiskan waktunya bersama Pingping, bukannya bersama Kim yang mereka anggap lebih cocok bersanding bersama Way.




Plot utama yang diangkat dari series ini adalah bodyswitch. Dimana nantinya sesuai dengan yang udah ada di trailer, Kim dan Pan akan bertukar badan karena sebuah kecelakaan. So yeah, series ini bergenre fantasi ya guys! Sebelumnya gue udah pernah nonton BL genre fantasi juga. Eh? Bukan BL  sih tapi bisa dibilang semi BL judulnya Great Men Academy. Seriesnya udah pernah gue review disini "Click Here" kalau kalian juga tertarik untuk nonton bisa langsung dibaca aja yaw~




Balik lagi ke topik bodyswitch, nantinya saat Pan bangun dari koma, jiwanya akan berada di badan P' Kim. Sedangkan Kim, yang berada di badan Pan tetap koma. Jadi series ini lebih menceritakan perjalanan Pan menemukan solusi. Gimana caranya biar dia bisa balik lagi ke badannya. Dalam perjalanannya ia dibantu oleh Angel of Death yang diperankan oleh Jennie Panhan. Sumpah sih, P' Jennie disini moodboaster parah yaallah salah satu yang selalu bikin gue ketawa tiap nonton series ini. 


        Selama mencari solusi, pada akhirnya nanti Pan juga akan dibantu oleh Soda dan Khet. Khet, diperankan oleh Ohm Pawat, adalah teman Pan dan Soda yang kerap kali mengganggu mereka setiap menulis sebuah fanfiction BL. Ketika Pan berada di badan Kim, ia baru mengetahui bahwa Khet ternyata merupakan adik dari P' Kim. Khet tak pandai dalam bidang akademik, sangat berbeda dengan kakaknya yang merupakan siswa kebanggaan sekolah. Walaupun mereka kakak adik, tetapi mereka tidak akrab dengan satu sama lain. Di sekolah mereka selalu bertindak seolah tak mengenal satu sama lain, tak heran bila Pan kaget saat tau bahwa Khet adalah adik P' Kim. Sebenarnya Khet naksir sama Pan tapi sayangnya Pan gak peka euy, sibuk nangisin kapal homo sih:( Oiya sebelumnya Ohm Pawat sama Prigkhing juga udah pernah dipasangin di series GMM berjudul Blacklist. Lumayan lucu sih mereka, gemes gitu. Tapi gue gak nuntasin nonton tuh series soalnya menurut gue agak ngebosenin gitu deh idk, jadi putus di tengah jalan.



        Lo bakal dibikin bingung sih selama nonton ni series, asli bingung banget mau naik kapal yang mana. WayKim atau KhetPan, atau malah KimPan, WaySoda, atau KhetSoda argh pokoknya banyak peluangnya lah! Mereka ngeklaim kalo The Shipper ini bergenre romance-comedy kan ya, dan gue sangat terhibur sih sama jalan ceritanya. Bener-bener yang lo kalo nonton The Shipper pas lagi on going tuh bikin gregetan parah sumpah. Soalnya ending tiap episodenya selalu dibikin gantung. PENASARAN BANGET MO MAMPUS TAPI KUDU NUNGGU SATU MINGGU! The struggle is real. Ngomongnya sih romance-comedy tapi KOK BIKIN GUE MEWEK SIH? Lo bakal dibikin ikutan sedih kalo udah menuju ke ending episode karena semuanya bakal terungkap. Banyak rahasia dan kebenaran yang terungkap, dan juga banyak pilihan yang harus Pan pikirin matang-matang. 




        Genre family, friendship, comedy, romance, angst semuanya dirangkum jadi satu dalam series ini. Gue suka banget sama gimana caranya setiap karakter bisa saling menguatkan satu sama lain. Friendshipnya Way sama Kim, Pan sama Soda, atau Pingping and the gang. Semuanya are just too precious for me to handle. Series ini beneran nunjukin setiap sisi yang dimiliki masing-masing karakter. Di awal lo bakal ngeliat kalo karakter Pan kuat dan optimis banget buat mencari tau solusi yang terbaik. Tapi namanya juga manusia lah ya, pasti bisa lelah kalau udah nyoba ini itu tapi tetep aja hasilnya nihil. 

    

        Kalo ditanya scene mana yang jadi favorit gue, gue bakal jawab scene yang ini. Scene Kim (Pan) dan Khet di lorong rumah sakit. Di scene menuju ending ini, lo bakal diliatin sisi insecure Pan. Pan merasa bingung, capek, udah gak tau lagi mau ngapain dan merasa cuman beban aja bagi ayah tirinya. Gue nangis banget pas scene ini yaampun. Sebenernya bisa dibilang gue susah nangis kalau lagi nonton series. Kek ada scene mengharukan orang-orang pada nangis semua guenya malah biasa aja sampe-sampe dibilang psikopat sama temen WKWKWK. Malah scene ini yang bisa dibilang keliatan simple yang berhasil bisa bikin gue tersentuh. Soalnya relatable banget. Bagi gue ya. Gue suka banget sama kata-kata Khet yang diucapin ke Pan disini. Intinya jangan sampe lo terlalu sibuk mikirin orang lain, mikirin perasaan orang lain, sampe-sampe lo lupa buat ngurus diri sendiri yang mana itu sebenernya hal yang paling penting.

        
        Setelah gue nonton The Shipper sampe abis, gue lost of words sih. Sebagus itu guys, sumpah. Soalnya makna yang kalian ambil setelah nonton series ini tuh ada banyak BANGET. As example lo gak bisa ngenilai orang dari luarnya aja. Di luar emang bener kalo couple yang lo liat dari hape lo itu bisa punya moment sweet dan segala macem. Tapi tetep aja lo hanya sekedar fans, kita gak bakal pernah tau yang terjadi dibalik itu semua tuh gimana. Sama seperti Pan yang berada di badan P' Kim. Akhirnya dia nyadar kalo selama ini dia tuh gak tau apa-apa tentang P' Kim. Apa yang lo liat bukan berarti segalanya. Gak jarang di kehidupan nyata kita bakal nemuin banyak shipper yang terlalu berharap bahwa kapal yang mereka naikin itu real. Gue gak nyalahin sih ya, jujur di lubuk hati gue yang terdalam gue juga berkeinginan yang sama. Nah, yang salah di sini itu beberapa dari mereka bahkan ada yang sampai mencaci ataupun memaki pacar rl dari sebuah kapal yang salah satunya udah punya cewe. Ngeship boleh, tapi jangan kelewat bates juga.


 ORIGINAL SOUNDTRACK

O1. La-Ong-Fong - Caring from afar (แคร์ไกลไกล)


O2. FORD ARUN - I belong to you everyday (ฉันเป็นของเธอทุกวัน)



 FUNFACT THE SHIPPER
  • Mengusung unsur Kristiani

Agama yang dianut oleh penduduk Thailand mayoritas adalah Buddha, maka cukup jarang kita menemui series yang mengusung tema kristiani di dalamnya. Sekolah di The Shipper ini merupakan sekolah kristen bernama “Janus Upatham School”. Janus adalah nama dewa Romawi yang dilambangkan memiliki dua wajah. Janus disini melambangkan ide utama cerita dari seorang pria dan wanita yang berada dalam satu tubuh. 


P' Mui bilang ketika mereka telah sepakat untuk memakai agama Kristen, mereka melakukan research terlebih dahulu dan belajar untuk mengetahui perayaan, atau apa saja hal yang dapat mereka kaitkan dengan cerita mereka. P' Mui juga melanjutkan bahwa ending dari The Shipper di akhiri pada hari Paskah. Nyatanya ini bukan hanya penunjuk waktu semata melainkan hari Paskah di sini melambangkan 'kelahiran kembali'. Paskah di sini melambangkan kelahiran kembali oleh setiap karakternya, dimana mereka telah belajar dari banyak hal dan siap untuk tumbuh menjadi diri yang baru.

  • Mood & Tone Colorful



Di akun twitter Rumah Produksi Parbdee biasanya mereka suka nge-share tuh, mood & tone warna yang dipakai di series ini. Tone warna yang dipakai tuh bener-bener ngegambarin cerita anak muda banget gitu, khas anak SMA. Pokoknya, eye catching banget, lah. Bikin gue nyaman selama nontonnya. Ini yang menjadi salah satu alasan kenapa gue bisa suka banget sama series yang satu ini.

  • Cerita di balik jaket merah Way


Selama series berlangsung pasti kalaian bakal ngeliat kalo Way selalu make jaket merah favoritnya kan? Nah ternyata ada cerita dibalik jaket merah ini. Jadi Fluke bagi cerita ini di official twittenya yaitu @capitalfluke. Ketika ia melihat teaser demo The Shipper dia bilang kalau ia suka ngeliat P' Way (dirinya) memakai jaket. Terus P' Mui nanya kenapa dan kalo dia suka harus ada alasan dibalik itu. Akhirnya Fluke mempunyai ide kalau seseorang yang penting bagi Way ngasih itu buat dia.


Ini full story dari ide yang dipikirkan Fluke ya. Jadi ceritanya hari itu ultah Way dan dia diem aja soal itu. Tapi tiba-tiba ada orang yang ngelempar jaket di atas mejanya sambil bilang, "Lagi diskon, jadi gue beliin." Nah, orang itu adalah Kim. Way tau kalo Kim gak bakal ngomong kalo dia ngebeliin itu sebagai hadiah ultahnya. Jadi Way tersentuh akan hal itu. Kim juga bilang kalo jaket itu punya kantong di dua sisinya. Kim ngejelasin kalo misal ada orang yang ngajakin lo berantem, lo bisa masukin tangan lo ke jaket itu dan coba untuk tenang dulu. Way tersentuh dengan omongan Kim. Dia juga terharu karena itu adalah kali pertama baginya ada orang yang inget hari ulang tahunnya. Itu juga jadi alasan kenapa P' Way selalu make jaket itu karena itu jadi simbol perasaan Kim buat dia. AAHDGHSGHSGJHSG STRESS GAK LO SEMUA HAH #WayKimForever.

  • Favorit relationship di The Shipper bagi para pemain


Di interview The Shipper sebelumnya mereka ditanyakan hubungan karakter mana yang paling mereka suka dan Ohm menjawab WayKhet. Ohm sebagai Khet berpikir kalo WayKhet semacam bromance relationship yang mana not in romantic way. Tapi ia pikir itu cukup menarik dan ia ingin hubungan mereka berdua bisa di-explore lebih dalam lagi. Sedangkan Fluke menjawab KhetPan karena rasa cinta Khet ke Pan bener-bener menggambarkan cinta sejati. Khet bener-bener mencintai Pan setulus hati,  tanpa mengharapkan balasan apa-apa. Terus Fluke juga ngelanjutin kalo Khet tuh tipikal cowok yang charming di mata dia sampe-sampe Fluke ngomong kalo misalnya dia jadi cewek dia pengen nikah sama Khet WKWKKWKW.

  • Tim Produksi sebagai Cameo

Di episode terakhir The Shipper, part 4 (part terakhir) kalian bakal nemuin crew sebagai figuran di series ini. Gue gak kenal siapa-siapa aja, yang jelas yang pake topi itu adalah P' O😂😂😂




WARNING SPOILER ALERT!


        Kalo kalian gak mau kena spoiler mending skip aja ya. Di sini gue bakal ngasih translation dari isi Podcast Parbdee episode dua. Podcast kali ini mempunyai empat narasumber yaitu P' O, P' Mui, First, dan Fluke. Big thanks for @mania_th_bl on twitter yang udah bikin summarynya. Soalnya ini podcast cukup panjang durasinya. Kalo kalian mau denger podcastnya bisa langsung  "Click Here" aja ya. Di situ juga udah disediain engsub dan indosub.

  • Scene Khet mencium Kim

P'Mui (Sutradara) bilang kalo dari awal dia tau kalo scene ini nantinya pasti bakal bikin viewers berpikir kalo ini tuh ciuman antara kakak-adik. Tapi dia ngejelasin itu dilakukan karena Pan yang terjebak di dalam badan Kim. Untuk membuat Pan bisa kembali, ia harus mencium seseorang yang siap memberikan dia cinta sejati. Jadi intinya scene itu adalah ciuman antara Khet dan Pan. Bukan Khet dan Kim.

Di interview khusus P' Mui oleh ผู้ชายคนนั้นจากหนังเรื่องนี้ sebelumnya P' Mui juga udah ngejelasin tentang hal ini. P' Mui bilang itu adalah KhetPan kiss karena kita bisa ngeliat perkembangan dari cara pandang Khet di series ini. Khet tau kalau yang ada di dalam badan kakaknya saat ini adalah Pan, maka dia memperlakukan Pan layaknya perempuan. Itu yang benar-benar ia lihat pada saat itu. Tetapi P' Mui dan tim juga mengakui feedback yang diberikan oleh penonton dan berterima kasih atas feedback tersebut. Kalau kalian mau nonton interview lengkapnya bisa "Click Here" ya, udah ada engsub so don't worry guys!

  • Tawaran Tuhan kepada Kim

Semua pemain gak ada yang tau kalau bakal ada scene ini. Pada awalnya tim produksi gak berniat untuk menambahkan ini di series. Tetapi ketika masuk proses editing, mereka mendapatkan ide untuk memmbuat ending dari series ini mempunyai open ending. Alasannya karena mereka ingin viewers tetap ingin melanjutkan peran mereka sebagai shipper. Beberapa penonton mungkin ingin membuat fiksi mereka sendiri dan tim produksi ingin melihatnya.

  • Apakah bakal ada Season 2?

Mereka sendiri menjawab kalau mereka gak berencana untuk membuat Season 2. Mereka juga berpikir kalau plot untuk body-switching digunakan untuk lebih dari satu season itu rasanya berlebihan. Tetapi mereka juga bilang kalau peluangnya tidak 0. Jadi masih punya harapan sih, walaupun kecil. Kalau gue pribadi sih pengennya satu season aja cukup deh kayanya? Kek, satu season ini aja tuh udah bener-bener lebih dari cukup kalo buat gue. Gue juga setuju banget sama pendapat tim produksi kalo misal dibikin S2 keknya bakal berlebihan apalagi kalo plotnya masih sama.


        In conclusion, The Shipper bener-bener paket komplit buat gue. Bener-bener gak ngebosenin. Lo bakal dibikin gak bisa benci sama villain disini soalnya tiap-tiap karakter punya alasan masing-masing, punya situasi masing-masing yang bakal bisa bikin perasaan lo campur aduk. 

Oke deh, kalo gitu sampe sini aja reviewan kali ini. Thx sudah mampir~ Apa yang gue ceritain di postingan ini cuman intinya aja ya guys, jadi biar feel-nya lebih dapet kalian mesti nonton series-nya langsung di channel youtube GMMTV! Jangan lupa juga sempetin waktu buat ngeklik iklan yang ada di postingan ini biar gue semangat nulisnya ya xixixi. (Read my other reviews: Here)

So, kalian naik kapal yang mana nih guys? jawab di kolom komentar ya! 





Bonus meme official 😂 :






 






 Cr: mydramalist, GMMTV, OGTNAF, mania_th_bl, 
ผู้ชายคนนั้นจากหนังเรื่องนี้, parbdee
All compiled and translated by : Alif's Blog
TAKE IT OUT WITH FULL CREDIT!!!

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Di bagian episode terakhir malaikat kematian ngasih tugas ke kim
    Tugas apa itu? Apa dia bakal dihidupkan kembali
    Seharusnya sih lanjut season 2 biar nggak penasaran hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang gajelasin soalnya udh dari tim produksinya sendiri sengaja dibikin open ending gt. kalo s2 kek yg udah kujelasin di atas keknya gak memungkinkan ya, soalnya posisinya kek dao-tikao(bkpp)nya my ambulance gitu udh karam duluan.

      tapi ga ada yg tau lah ya mungkin bisa jadi ada cerita baru pake waykim (flukefirst) tapi di universe berbeda. kaya bkpp di i told sunset about you gitu jatohnya. semoga aja gmm ngikutin jalannya nadao😂

      Hapus