Pap0P1zq8JJYElFeA1qX1oXVwFGs9jnGapuo3DAq
Bookmark

Review Game Picka: Single's Inferno Ala-ala

Review Game Picka: Single's Inferno Ala-ala
     Mungkin dari kalian ada yang udah familiar sama nama game yang satu ini. Gak jarang pasti kalian yang akhirnya memutuskan untuk mencoba game ini ya karena 'keracunan' dari Twitter. Itu lah yang terjadi ke gue pada saat itu wkwkwk. Gue orangnya FOMO sih, jadi gue gak mau ketinggalan buat ikut nyobain game ini. Mau tau review lengkapnya? langsung klik read more aja ya!

Menfess yang membuat gue kepo

     Sama kayak kebanyakan orang, awalnya gue tau game ini dari autobase di Twitter. Gue liat-liat kek muncul mulu tuh bahasan tentang game ini. Gue liat reply-annya kan ya, dan di situ mayoritas semua orang pada nyebutin nama satu orang, yaitu Euntae Cha. Ada yang bilang mereka pada pengen berakhir sama Euntae, ada juga yang bilang kalo susah banget buat berakhir sama Euntae. Penasaran lah tuh gue. Apa sih yang ngejadiin Euntae-Euntae ini jadi idaman banget? Terus juga apa yang menjadikan Euntae ini susah untuk didapetin? Gue jadi pen nyoba peruntungan juga tuh, kira-kira gue bisa menaklukkan hati Euntae Cha kaga ya? Anjay, menaklukkan banget gak tuh bahasanye. Pada akhirnya gue unduhlah itu game lewat Google Play. Sebenernya gue bukan penggemar game jenis kek gini atau yang lebih sering disebut dengan otome game. Karena gue gak pernah main game jenis ini jadi gak bisa gue bandingin sama otome game lain ya kek misal Mystic Messenger gitu. 


Picka: 30 Days To Love (TDL)
Panduan 30 Days to Love

     Game ini awalnya mempunyai total 6 pemain. Tiga cewek yaitu Yeonwoo Ha, Gyubin Jung, dan Soyoung Bae. Serta tiga cowok yaitu Jooyul Won, Euntae Cha, dan Chunsung Ki. Mereka semua mempunyai umur dan latar yang berbeda pula. Nah, di sini kita secara langsung akan berperan sebagai Yeonwoo Ha. 

Data diri para peserta TDL

Sama seperti judul postingan ini, sederhananya konsep game ini tuh sama seperti acara Single's Inferno punya Netflix yang tayang tahun 2021 lalu. Namun bedanya game ini lebih ke platform chatting-an gitu. Singkatnya, kita selama 30 hari akan dikasih waktu untuk pdkt sama peserta cowok dan nanti kalau sudah hari ke-29 semua peserta diwajibkan untuk memilih pasangannya masing-masing. Acara ini dipimpin oleh seseorang yang kita sebut dengan Plan Master yang nantinya akan menjelaskan tiap misi yang diberikan kepada kita. Walaupun judulnya 30 hari, bukan berarti kita menghabiskan sebulan untuk menamatkan game ini ya, guys. Semuanya tergantung oleh gold yang kalian punya, jadi dalam satu hari kalian bisa lanjut ke episode selanjutnya dengan membayar 50 gold. Saat pertama kali mulai kita dikasih banyak gold, tapi gue lupa jumlah pastinya berapa (makanya gue boros lol, blom tau aje susah nyari gold🥲). 


First Impression  



Fi gue setelah main game ini tuh rasanya kek main erpe WKWKWK. Soalnya sistemnya chatting-an gitu kan ya. Mana tampilannya kaya KakaoTalk jadi gue ngerasa ke-5 peserta lain itu adalah temen-temen erpe gue. 



Lalu di sini juga disediakan inbox, yang mana sebagai tempat menyimpan memori selama TDL berlangsung. Karakter yang paling stand out menurut gue itu Jooyul Won, soalnya beneran yang asik gitu dia anaknya, friendly banget. Tapi untuk giving-heart pertama kali gue milih Chunsung soalnya kek lucu aja dia digodain Jooyul mulu gara-gara display name-nya Chi-chi-chicken ki😂


Alur Cerita


Skip ke hari ke sekian, gue gak inget, pokoknya ada kesempatan 1:1 chat tuh. Nah, karena gue kepo sama Chunsung akhirnya gue milih dia. Eh tapi kenyataannya pait bgt wak. Selama 1:1 chat doi malah ngomongin cewek lain</3 His head is full of Soyoung</3 Bikin badmood banget gak tuh. Sejak saat itu gue stop mepetin Chunsung dan pindah mepetin Jooyul aja. Waktu itu gue juga belom menemukan apa yang spesial dari Euntae jadi yaudah gas Jooyul, apa-apa Jooyul pokoknya. 


Nah, terus nanti pas Day 6 ada muncul peserta cowok baru. Single's Inferno banget gak tuh masukin peserta baru di tengah-tengah acara😂 Namanya Doha dan keliatannya tertarik gitu sama si Yeonwoo tapi guenya b aja sama doi.

Oiya di sini juga ada kesempatan buat ngasih gift ke peserta lain. Gue awalnya ngasih novel fantasi ke Jooyul. Tapi karena gue anaknya mo cepet-cepet kelar jadi gold gue banyak kepake buat lanjut episode, alhasil gue miskin dan gak mampu buat ngasih gift lagi👍 Tapi terakhir Day berapa gitu gue lupa gue ada ngasih gift reusable tumbler gitu ke Euntae. 

Movie date Euntae dan Yeonwoo

Skip langsung ke Day 9. Ada misi movie date tuh. Pokoknya dari situlah gue bisa nge-date sama Euntae. Dan akhirnya gue paham kenapa orang-orang pada pengen Euntae. Pokoknya nanti nonton horror gitu terus si Yeonwoo ini jail anaknya, ngegodain Euntae soal film horror yang mereka tonton tadi dan surprisingly ternyata gemesin juga reaksi si Euntae WKWKWKWK ADUH BAPER.  


Pokoknya gue bisa liat kalo mereka ini compatible with each other lewat movie date ini. Kemudian datanglah Day 10... hari di mana Lia, peserta cewek baru, datang.


Sebelum gue main game ini gue udah tau kalo nanti bakal ada yang namanya Lia. Gue juga pernah liat memenya di autobase, banyak yang bilang kalo si Lia ini nanti ngerebut Euntae dari Yeonwoo. Dalam hati gue, oke siap, ayo bersaing secara sehat. 


TAPI GUE GAK EXPECT KALO SI LIA INI BAKALAN SENYEBELIN ITU ANJIRRRRRRRRRR. Gila ngeselin banget ni cewek, beneran yang tipikal pick me girl sok asik gitu gue mau-🤢 

Pokoknya setelah movie date itu gue udah memantapkan hati kan ya buat pilih Euntae. Nah, nanti bakal ada momen di mana kita bisa nanya ke temen deket dari peserta yang kita incer. Otomatis gue milih temennya Euntae dong ya, namanya Gangsung Han. Gue kepo tuh, si Euntae ini pengen cewek kek gimana, kesukaannya apa, atau gak cari tau kiat-kiat ngedapetin hatinya lah ya. 


Si paling kenal Euntae

Terus si Lia ini beneran kek yang mo cari muka banget gitu sama temennya Euntae tapi gagal😀😀😀 Beneran kek sotoy banget gue ketawa bgt WKWKWKWKWK. 


MONYET BGT LU EUNTAE DEMI

Skip langsung ke pesta bareng anak-anak. Gue lupa Day berapa pokoknya ada waktu di mana si Lia mabok terus Yeonwoo keluar nyari obat pereda mabuk gitu buat Lia (((ALIAS LO BAIK BANGET ANJIR YEONWOOOOO GUE MAH OGAH))). Terus ternyata pas Yeonwoo balik ke pesta ternyata si Lia udah pulang sama Euntae naik taksi😀😀😀 MARAH BGT ANJRIT. 

Iye iye gue maapin

Tapi setelah itu Euntae ada minta maaf sih ke Yeonwoo dan lumayan luluh gue pada saat itu dan juga mulai ada harapan nih gue berakhir sama Euntae.


Skip ke Day 24, ada acara 3 days trip sebagai closing TDL. Nah, di trip 3 hari ini Yeonwoo berkesempatan buat berangkat bareng Euntae. Otomatis seneng dong ya gue, gue dah ngerasa menang banget tuh dari Lia saat itu. Mana sebelum berangkat gue nyamperin Euntae dulu di kliniknya terus akhirnya bisa ketemu deh sama Stella, anjing peliharaannya🤟✨

Jooyul aje sampe bingung apalagi gue gak tuh

Ternyata oh ternyata, ekspektasi gue dipatahkan oleh realita. Pokoknya di trip 3 hari itu, mereka semua nginep di vila kan ya. Nah, pokoknya sepanjang trip si Lia ini beneran mepetin Euntae mulu anjrit sebel. Kek di mana ada Euntae pasti di situ juga ada Lia. Kemudian malem harinya anak-anak pada mabok tapi Soyoung gak ikutan soalnya kecapean ngejer deadline. Terus ternyata si Lia sama Euntae doang yang gak ada di vila, beli es krim tapi gak balik-balik. Beneran gak ada kabar sampe anak-anak udah pada tidur.

Gila parah banget sih lu Euntae

Klimaksnya waktu Yeonwoo kebangun jam setengah 4. Terus saat itu si Soyoung juga lagi bangun. Dan lu tau apa yang terjadi? Si Euntae sama Lia baru pulang jam 3 pagi anjir. Bayangin. JAM 3 PAGI BARU BALIK. 

Yeonwoo pura-pura gwaenchana

Mana besoknya he act like nothing happened dong????? MO MARAH BANGET ASLI. Kalo di rute yang gue ambil dia gak ada penjalasan sama sekali. Lo bayangin dah si Euntae udah kek ngasih green light banget ke lo eh taunya masih aja tuh ngejabanin si Lia. Terus si Euntaenya juga mau-mauan aja anjir gak nolak samsek. KAN SEBEL YAK. Tapi kalo dipikir-pikir gila gue baper banget ya anjir cuman gara-gara game ginian doang😂 

Tapi setelah gue liat di Twitter ada yang bilang kalo Euntae nanti ngejelasin kenapa dia pergi sama Lia. Ternyata, kalo di rute lain, alasan Euntae pergi sama Lia itu karena mau beliin kue buat Yeonwoo. Beda sama rute yang gue ambil soalnya nanti si Yeonwoo malah makan sandwich punya Gyubin. Walaupun begitu, menurut gue kalo gue dapet rute yang mana Euntae ngasih penjelasan pun keknya gue bakal tetep marah deh. Maksud gue, serius, semenjak insiden jam 3 pagi itu gue jadi kek udah muak gitu, udah males sama Euntae. Beneran udah lah, day 29 gue mo milih Jooyul aja. Malah kalo bisa gak milih siapa-siapa gue mending gak milih aja dibanding harus milih Euntae, a walking red flag🚩🚩🚩

Final Choice


Pada akhirnya gue fix memilih Jooyul Won. Gak gak gak, pokoknya gue gak mau Euntae. Overall, gamenya cukup seru sih. Beneran kaya roller-coaster ride. Kalo disuruh ungkapin pake lagu, ni game tuh udah kaya lagu Sakit Hati punya Yovie & Nuno banget. 

"Kau terbangkan 'ku ke awan, lalu jatuhkan ke dasar jurang"


Oiya btw kalo kalian cari nama Euntae di Spotify kalian bakal nemu beberapa playlist korban-korban Euntae😂 Playlist yang ini mood banget sih asli. 


Review Game Picka: 30 Days to Love

     Setelah gue memainkan game ini sampai tamat, kira-kira berikut kelebihan dan kekurangan yang bisa gue rangkum dari game ini:

—Kelebihan


1. Cerita yang Menarik dan Bikin Candu
Game ini memiliki konsep yang menarik sehingga kita diajak seakan-akan berada di acara survival show. Siapa yang berhasil mendapatkan hati idamannya dialah yang menang. Walaupun bentuknya bukan video, tetapi menurut gue game ini udah cukup seru untuk dimainin. Format pesan chat yang diusung juga punya alur yang gak monoton karena diselingi cerita di balik tiap misi yang dilakukan di luar pesan chat. Adanya pesan rahasia dan pemberian hadiah juga membuat kita penasaran apakah pengirimnya adalah peserta incaran kita atau bukan.


2. Drama yang Seru
Menurut gue, penambahan karakter Lia inilah yang membuat game ini menjadi 2x lebih seru untuk dimainin. Kalo gak ada Lia mungkin gue bakal dengan cepat nge-uninstall game ini mengingat gue orangnya cepet bosenan. Karakter Lia di sini seakan membuat sifat kompetitif di diri kita keluar. Anjay memperjuangkan cinta banget gak tuh. (Agak geli ngetiknya). Tapi serius gue mo sungkem rasanya sama yang bikin karakter Lia karena dia udah berhasil bikin ni karakter game jadi musuh publik😂


3. Bisa Mengulang Waktu (Time Leap)

Terkadang ketika kita udah milih opsi pasti ada aja hal yang disesali gitu. Kek, ah... harusnya gue gak pilih itu! Nah, kalian gak perlu khawatir karena di game ini kalian dikasih kesempatan buat ngulang pilihan. Pilihan yang kalian pilih menentukan rute mana yang kalian ambil jadi bisa jadi jika kalian memilih opsi lain kalian akan di bawa ke episode yang terkunci atau belum kalian lewati sebelumnya.



4. Teks Bisa Dipercepat
Saat awal-awal main gue pikir Yeonwoo Ha ini bakal selalu dikasih 2 opsi teks gitu, mau A atau B. Ternyata, dia juga bisa gak ada opsi alias ya kita ngikut aja sama dialog yang udah dibuat di gamenya tapi tetep harus kita klik sendiri. Agak pr juga kan ya kalo misal si Yeonwoo dialognya gak ada opsi tapi kita masih kudu ngirim chatnya satu-satu. Nah, waktu gue main game ini tuh belum ada opsi dipercepat, dia baru muncul baru-baru ini (cmiiw). Jadi ya gue acungin jempol sih untuk pembaharuannya karena emang itu yang dibutuhin banyak orang.

—Kekurangan:
1. Hanya dalam Bahasa Inggris
Kabar buruk buat kalian yang pengen pake bahasa Indonesia karena sampai postingan ini dibuat, Picka baru menyediakan 1 bahasa aja yaitu bahasa Inggris. Mungkin ke depannya bakal diperbaharui untuk pilihan bahasa lainnya mengingat antusias orang Indo terhadap game ini cukup gede sih kalo kata gue.


2. Cukup Sulit Mengumpulkan Gold
Gak tau ya ini guenya yang emang beneran gak hoki atau gimana. Jadi kalo kita mo dapet gold kan itu bisa dari Daily Mission, nah setiap gue coba tuh pasti dapet receh mulu jir kalo gak 10G ya palingan 20G paling banyak😭 Tapi sebenernya kita juga bisa ngumpulin gold dari game yang udah kerjasama sama Picka, sih. Walaupun begitu menurut gue itu cukup sulit soalnya baru dapet gold kalo kita lama mainin gamenya, mana gue sangat amat tidak sabaran dan bosenan. Gue juga udah coba isi survey tapi  kriterianya gak cocok sama gue jadi ya nihil dah hasilnya🥲

3. Jam Episode Selanjutnya Tergantung Kapan Terakhir Episode Dimainkan
Jadi misal lo ngerjain episode 10 jam 2 pagi, nah nanti untuk mainin episode selanjutnya lo juga baru bisa mulai mainnya di jam 2 pagi ke atas alias susah juga ya wak. Beneran dikasih jarak 24 jam. Nah, kalo pas closing episode tuh biasanya pake ngecek Lovey Dovey Index kan ya. Kebetulan waktu itu gue lagi miskin gold, jadi gue diemin tuh, belom gue pilih mo ngecek peserta mananya. Gue berharap besok pas daily mission gue bisa dapet 50 gold gitu (NGAREP BGT). Tapi ternyata gak dapet. Akhirnya ya udah gue gak jadi ngecek index dan hari itu gue gak main sama sekali jir gara-gara ternyata itu masih masuk itungan episode kemarin dan belom kelar jadi gue mesti nunggu besok lagiT______T Emang salah gue sih soalnya gue pikir game ini tuh sistemnya kalo udah ganti hari langsung bakal dapet slot main 1 episode gitu. Sayangnya ternyata gak gitu:( ELAHHHH MANA GUE PENASARAN BANGET.


Oke deh keknya segitu aja review gue untuk game Picka: 30 Days to Love. Jujur gue gak pernah nge-review game sebelumnya jadi kalo ada kata yang gak berkenan bisa langsung komen aja di kolom komentar ya! Thanks for reading and see you!



Post a Comment

Post a Comment

close